Asosiasi E-Commerce dan Kominfo Anggap Wajar PHK di Bukalapak

Cindy Mutia Annur
11 September 2019, 21:50
phk bukalapak, bukalapak, kominfo, e commerce
Katadata/Desy Setyowati
Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky dalam konferensi pers ulang tahun ke-9 Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1). E-commerce Indonesia (idEA) dan Kominfo menilai PHK yang dilakukan Bukalapak sebagai hal yang wajar sebagai bagian dari strategi bisnis.

E-Commerce Indonesia (idEA) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menilai pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan yang dilakukan oleh Bukalapak sebagai suatu hal yang wajar, dan seharusnya tidak mengakibatkan pergolakan bagi perusahaan tersebut.

Ketua idEA Ignatius Untung mengatakan, PHK merupakan sesuatu yang wajar terjadi di industri manapun. "Selama ini (PHK terjadi) bukan karena dampak turbulence-nya (pergolakan) industri. Jadi, seharusnya (hal itu) tidak akan ada dampak signifikan," ujar Ignatius kepada Katadata.co.id, Rabu (11/9).

Sependapat dengan Ignatius, Menteri Kominfo Rudiantara menilai PHK yang dilakukan Bukalapak sebagai hal yang wajar. Menurutnya, langkah tersebut merupakan bagian dari strategi bisnis Bukalapak.

Tanpa adanya penyesuaian strategi bisnis, sulit bagi Bukalapak untuk bisa terus bertahan. "Ini istilahnya tidak sesuai dengan strategi ke depannya, itu yang sekarang keluar (PHK karyawan Bukalapak)," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9).

(Baca: Tanggapi Kabar PHK Karyawan, Bukalapak: Bagian dari Strategi Bisnis)

Rudiantara pun membantah PHK karyawan di Bukalapak karena startup unicorn tersebut tengah mengalami perlambatan pertumbuhan. Justru laba kotor Bukalapak naik tiga kali lipat pada pertengahan tahun ini dibandingkan pertengahan 2018. "Jadi logikanya kalau pertumbuhannya tiga kali lipat, pasti dia akan menambah jumlah pegawainya," kata Rudiantara.

Dia pun yakin Bukalapak akan membuka rekrutmen karyawan baru. Ini dilakukan untuk mencari orang yang keterampilannya sesuai dengan strategi bisnis Bukalapak. "Pasti dia akan cari orang yang memang lebih cocok," ujarnya.

Rudiantara pun meminta ratusan karyawan Bukalapak yang kena PHK untuk membuat startup baru. Hal tersebut mengikuti pola yang dilakukan para karyawan di perusahaan ternama di Silicon Valley.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...