Situasi Sudah Kondusif, Kominfo: Blokir Internet di Papua Barat Dibuka

Cindy Mutia Annur
11 September 2019, 18:13
kominfo, blokir internet, papua,
ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI
Massa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua Sejawa-Bali melakukan aksi unjukrasa damai di Depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Senin (19/8/2019). Seiring dengan semakin minimnya persebaran hoaks terkait Papua, Kominfo membuka blokir internet sepenuhnya di Papua Barat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan telah membuka blokir internet di seluruh Provinsi Papua Barat hari ini (11/9). Pasalnya, kementerian itu menilai bahwa provinsi tersebut sudah cukup kondusif tingkat persebaran hoaksnya.

"Dua kota terakhir di provinsi tersebut, yakni Kota Manokwari dan Kota Sorong akhirnya dibuka blokir internetnya setelah mendapatkan kepastian (dari aparat setempat) mengenai kondusivitasnya siang tadi," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu melalui siaran pers, Rabu (11/9).

Advertisement

Ferdinandus menjelaskan, ada 11 kabupaten telah dicabut blokir internetnya di provinsi itu secara bertahap sejak Rabu (4/9) lalu. Di antaranya Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Sorong.

Artinya, kini pemblokiran internet hanya tinggal di Provinsi Papua, yakni di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, dari total 29 kabupaten. "Pemerintah akan terus memantau situasi dan kondisi keamanan di kedua wilayah tersebut dalam satu atau dua hari ke depan," ujarnya.

(Baca: Tinggal 4 Wilayah, Kominfo Buka Blokir Internet di Mimika dan Jayawija)

Ia menjelaskan, sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua terus menunjukkan tren turun sejak 31 Agustus 2019. Puncak sebaran hoaks dan hasutan terkait isu Papua terjadi pada 30 Agustus 2019 dengan jumlah 72.500 URL (uniform resource locator).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement