Bos Huawei Siap Jual Teknologi 5G ke Perusahaan Kawasan Barat

Ameidyo Daud Nasution
12 September 2019, 14:55
Huawei, 5G, Digital.
123RF.com
Bos Huawei Ren Zhengfei siap jual teknologi 5G ke negara Barat.

Pendiri dan CEO Huawei Ren Zhengfei siap menjual teknologi 5G kepada pembeli dari negara Barat.  Langkah tersebut dilakukan agar ada pesaing bisnis baru yang juga menggunakan teknologi buatan perusahaan Tiongkok ini.

Dalam satu kali transaksi, pembeli mendapatkan akses berulang ke paten, lisensi, kode, cetak biru, serta pengetahuan produksi 5G. Pembeli juga dapat memodifikasi sumber kode 5G, sehingga tak ada potensi kontrol Huawei mapun Pemerintah Tiongkok kepda infrastruktur telekomunikasi tersebut.

Advertisement

“Distribusi yang seimbang akan kondusif bagi kelangsungan hidup Huawei,” kata Ren dikutip dari The Economist, Kamis (12/9). Namun ia memastikan arah pengembangan 5G tetap berada di tangan Huawei.

(Baca: Tak Mau Dijadikan Alat Perang Dagang AS, Huawei Hadapi Krisis)

Dalam beberapa waktu belakangan, Huawei terus-menerus diserang oleh Amerika Serikat (AS) yang menuding Tiongkok bisa memata-matai lewat peralatan 5G. Bahkan perusahaan AS juga dilarang menjual komponen dan perangkat lunak ke Huawei dengan alasan risiko keamanan nasional.

Ren menyatakan langkah Huawei ini dapat menepis kecurigaan tersebut. Kesempatan akan akses penuh 5G juga akan menghilangkan dilema antara mendapatkan teknologi murah ala Huawei dan kekhawatiran dimata-matai Tiongkok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement