Mendag Dorong Penyelesaian Kerja Sama Ekonomi RI-Korea

Rizky Alika
12 September 2019, 21:53
Enggartiasto Lukita, Kementerian Perdagangan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Enggar ingin mempercepat perjanjian investasi dengan Korea.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mempercepat perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea (IK-Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA). Hal ini disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Korea Yoo Myung-Hee di Bangkok, Thailand.

Enggar mengusulkan, pengumuman penyelesaian Perundingan IK-CEPA dapat dilaksanakan pada Trade Expo Indonesia 2019 yang dihelat pada 16-20 Oktober 2019. "Selanjutnya, penandatanganan diusulkan dalam agenda ASEAN-Republic of Korea (ROK) Commemorative Summit pada 25—27 November 2019,” kata Enggar dalam siaran pers, Kamis (12/9).

Advertisement

IK-CEPA diharapkan juga berfungsi sebagai payung perjanjian investasi. Ada pun, dua perusahaan yang berinvestasi di tanah air yaitu perusahaan kimia Lotte Group dan perusahaan otomotif Hyundai.

(Baca: Dorong Investasi, Ekonom Nilai Ada Ribuan Aturan Perlu Diubah)

Dalam pertemuan tersebut, Enggar juga mengapresiasi Korea yang membantu kemajuan perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP).

Sebagai informasi, perdagangan Indonesia-Korea pada 2018 mencapai US$ 18,62 miliar. Ekspor Indonesia ke Korea mencapai US$ 9,54 miliar, sedangkan impor sebesar US$ 9,08 miliar. Dengan demikian, Indonesia surplus US$ 443,6 juta.

Pada 2018, produk ekspor utama ke Korea meliputi batu bara, gas alam cair, bijih tembaga, batu bara lainnya, dan minyak bumi mentah. Sedangkan, produk impor utama dari Korea meliputi bahan bakar dengan research octane number (RON) 90, bahan bakar diesel otomotif, sirkuit elektronik terpadu lainnya, sekop mesin, dan bahan murni RON lainnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement