Arcandra Cari Dukungan Biodiesel Indonesia ke Forum Energi Dunia

Image title
13 September 2019, 19:49
Kementerian ESDM, biodiesel
123RF.COM/tang90246
Ilustrasi, biodiesel. Pemerintah mencari dukungan dunia dalam penerapan biodiesel.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencari dukungan penggunaan minyak kelapa sawit sebagai Bahan Bakar Nabati atau biodiesel. Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mencari dukungan tersebut dalam acara forum 37th ASEAN Ministers on Energy Meeting (AMEM37) di Bangkok, Thailand.

Arcandra menyatakan beberapa organisasi energi dunia telah menyatakan sikap netral terhadap kebijakan Indonesia yang terus mendorong penggunaan fatty acid methyl ester (FAME) dalam Biodiesel. Diantaranya adalah International Energy Agency (IEA) dan The International Renewable Energy Agency (IRENA).

"Kami bicara dengan IEA yang menyatakan tidak menentang penggunaan FAME. Saya juga ketemu IRENA, kami bilateral dan mereka juga netral. Yang menentang kan Eropa" kata Arcandra saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (13/9).

(Baca: Uni Eropa Tampik Terlibat dalam Kampanye Hitam Sawit Indonesia)

Dia juga mengungkapkan telah bertemu secara bilateral dengan Amerika Serikat yakni dengan the U.S. Department of State dan US Asian Business Chamber. "Kami menanyakan posisi AS terhadap kelapa sawit. Yang saya dapat bahwa mereka netral," kata Arcandra.

Lebih lanjut Arcandra menyatakan ketiga pihak tersebut telah mengakui dan mendukung kebijakan pemerintah Indonesia terkait penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar pengganti minyak bumi. "Kami dalam rangka tidak mencari musuh. Nah ini strategi saya cari alliance. At least saya dapatkan dari IEA, IRENA, dan Amerika Serikat. Ini usaha aktif kami." ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...