Sentimen Perang Dagang Masih Positif Dorong Reli Penguatan Rupiah

Agatha Olivia Victoria
13 September 2019, 17:41
nilai tukar, rupiah, perang dagang
Donang Wahyu | Katadata
Ilustrasi uang dolar Amerika Serikat (AS). Sore ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami penguatan sebesar 0,2% ke Rp 13.966 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada penutupan perdagangan sore hari ini, Jumat (13/9) masih mengalami penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Mengutip Bloomberg, rupiah naik 0,2% ke level Rp 13.966 per dolar AS.

Penguatan mata uang Garuda terhadap dolar Paman Sam terus berlanjut selama sehari penuh. Adapun pada pagi hari tadi, rupiah dibuka pada level Rp 13.930 per dolar AS atau menguat 0,45% dibanding penutupan sore kemarin di level Rp 13.994 per dolar AS.

Advertisement

Sementara dalam kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah juga mencatatkan penguatan sebesar 102 poin ke level Rp 13.950 per dolar AS dibanding kurs JISDOR kemarin dimana rupiah bertengger pada level Rp 14.052 per dolar AS.

Penguatan rupiah sejak kemarin yang berlanjut hingga hari ini didorong sentimen positif yang berasal dari aura positif negosiasi dagang AS-Tiongkok saat ini untuk mencari solusi perang dagang. Sentimen ini juga mendorong kenaikan hampir seluruh mata uang Asia.

(Baca: Rupiah Menguat, Menko Darmin Minta Pengusaha Tak Khawatir)

Seperti diketahui, kemarin Kamis (12/9) Presiden AS Donald Trump merespon keputusan Tiongkok untuk mengecualikan pengenaan tarif beberapa produk di antaranya produk anti kanker, pelumas, dan bahan pakan ternak.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement