Belum Tayang, Film The Santri Livi Zheng Terancam Boikot

Pingit Aria
16 September 2019, 17:34
Potongan adegan film The Santri yang disutradarai oleh Livi Zheng atas inisiasi PBNU.
NU Channel
Potongan adegan film The Santri yang disutradarai oleh Livi Zheng atas inisiasi PBNU.

Belum tayang di bioskop, film Livi Zheng yang berjudul The Santri menuai kontroversi. Tagar #boikotthesantri sempat menjadi topik terpopuler di Twitter Indonesia hari ini dengan lebih dari 15 ribu cuitan.

Seruan boikot ini awalnya disuarakan oleh Ketua Umum Front Santri Indonesia (FSI), Hanif Alathas yang juga merupakan menantu Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. "Front Santri Indonesia menolak film The Santri karena tidak mencerminkan akhlak dan tradisi santri yang sebenarnya," kata Hanif dalam selebaran yang beredar, Minggu (15/9). Poster itu telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Juru Bicara FPI Slamet Maarif.

Sedangkan pengasuh Pesantren Ribath Al Murtadla Al Islami Singosari, Malang, Jawa Timur Luthi Bashori meminta para santrinya tidak menonton film tersebut. Menurutnya, adegan yang tampak pada trailer film tidak mencerminkan syariat Islam.

(Baca: Tampilkan Sosok Chrisye, Ini Sejarah Google Doodle yang Mendunia)

"Karena film ini tidak mendidik. Cenderung liberal. Ada akting pacaran, campur aduk laki perempuan dan membawa tumpeng ke gereja," kata Luthfi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...