BPS: Masyarakat Kini Semakin Anti Terhadap Korupsi

Agatha Olivia Victoria
16 September 2019, 18:15
bps, korupsi,
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi. BPS mencatat Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Indonesia pada 2019 yakn 3,70, lebih tinggi dari angka tahun lalu 3,66.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Indonesia pada 2019 yaitu 3,70. Angka tersebut lebih tinggi 0,04 poin dibandingkan tahun lalu sebesar 3,66. Adapun skala dihitung dari 0-5.

"Kalau kami bandingkan dari tahun sebelumnya, ada peningkatan meskipun tipis. Ini artinya perilaku masyarakat di tahun ini semakin anti korupsi," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Senin (16/9).

Ia menjelaskan, nilai indeks yang semakin mendekati angka 5 menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin anti korupsi. Sementara, nilai IPAK yang semakin mendekati 0 menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin permisif terhadap korupsi.

Menurut dia, IPAK mengambil sampel 1.000 blok sensus (BS) menurut perkotaan/perdesaan di 33 provinsi. Dari 1 BS, dipilih 10 rumah tangga.

(Baca: KPK Sudah Terima Undangan Jokowi Bahas Revisi UU )

Dengan demikian, jumlah rumah tangga yang menjadi sampel penelitian tersebut yaitu sebanyak 9.952 rumah tangga. Kemudian, dalam satu rumah tangga dipilih kepala rumah tangga atau pasangannya sebagai responden. Cakupan perilaku anti korupsi dalam survei ini menyangkut penyuapan, pemerasan dan nepotisme. 

Menurut Suhariyanto, IPAK dihitung dengan mempertimbangkan dua dimensi, yakni  persepsi dan pengalaman.

Pada 2019, nilai Indeks Persepsi tercatat sebesar 3,80. Nilai ini menurun 0,06 poin dibandingkan dengan Indeks Persepsi tahun sebelumnya sebesar 3,86. Hal ini menunjukkan masyarakat semakin permisif terhadap korupsi pada tahun ini.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...