Empat Calon Dirjen Migas Jalani Wawancara di Kementerian ESDM

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Martha Ruth Thertina

16/9/2019, 20.55 WIB

Ketua Pansel Dirjen Migas Ego Syahrial memastikan akan memilih calon terbaik untuk menggantikan Djoko Siswanto.

Seleksi Dirjen Migas baru
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

Pemerintah tengah mencari pengganti Djoko Siswanto sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas). Sebanyak empat kandidat dikabarkan menjalani proses seleksi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Senin, 16 September 2019.

Informasi tersebut diperoleh katadata.co.id dari sumber di lingkungan Kementerian ESDM. "Lagi ada Pansel untuk Dirjen Migas. Tapi untuk Ibu Andiani sudah meninggalkan Kementerian ESDM lebih awal karena bertolak ke Bandung," ujar Sumber tersebut, Senin (16/9).

Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Andiani memang tercatat sebagai satu dari empat kandidat Dirjen Migas. Berdasarkan pantauan katadata.co.id, Andiani tampak memasuki Gedung Heritage di Kementerian ESDM pada Senin siang, diduga untuk menjalani seleksi.  

(Baca: Empat Nama Mengerucut Sebagai Calon Dirjen Migas)

Berdasarkan dokumen resmi yang diterima katadata.co.id, kandidat Dirjen Migas selain Andiani yaitu Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis ESDM Ediar Usman. Kemudian, Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Patuan Alfon Simanjuntak, dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) Setyorini Trihutami.

Alfon Simanjuntak membenarkan adanya proses seleksi berupa wawancara oleh panitia seleksi. Namun, ia menyatakan belum bisa berbicara lebih jauh. Ediar Usman juga mengatakan hal senada. "Iya benar, ini habis ngikuti wawancara," ujarnya.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar hanya tersenyum saat dikonfirmasi mengenai kabar seleksi tersebut. Sedangkan Sekretaris Jenderal ESDM yang juga Ketua Panitia Seleksi Dirjen Migas Ego Syahrial enggan berbicara banyak seputar progres seleksi. "Tenang saja ini pasti kami pilih yang terbaik untuk negara dan bangsa. Kita lihat saja," ujarnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan