Empat Calon Dirjen Migas Jalani Wawancara di Kementerian ESDM

Image title
16 September 2019, 20:55
Seleksi Dirjen Migas baru
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

Pemerintah tengah mencari pengganti Djoko Siswanto sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas). Sebanyak empat kandidat dikabarkan menjalani proses seleksi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Senin, 16 September 2019.

Informasi tersebut diperoleh katadata.co.id dari sumber di lingkungan Kementerian ESDM. "Lagi ada Pansel untuk Dirjen Migas. Tapi untuk Ibu Andiani sudah meninggalkan Kementerian ESDM lebih awal karena bertolak ke Bandung," ujar Sumber tersebut, Senin (16/9).

Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Andiani memang tercatat sebagai satu dari empat kandidat Dirjen Migas. Berdasarkan pantauan katadata.co.id, Andiani tampak memasuki Gedung Heritage di Kementerian ESDM pada Senin siang, diduga untuk menjalani seleksi.  

(Baca: Empat Nama Mengerucut Sebagai Calon Dirjen Migas)

Berdasarkan dokumen resmi yang diterima katadata.co.id, kandidat Dirjen Migas selain Andiani yaitu Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis ESDM Ediar Usman. Kemudian, Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Patuan Alfon Simanjuntak, dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) Setyorini Trihutami.

Alfon Simanjuntak membenarkan adanya proses seleksi berupa wawancara oleh panitia seleksi. Namun, ia menyatakan belum bisa berbicara lebih jauh. Ediar Usman juga mengatakan hal senada. "Iya benar, ini habis ngikuti wawancara," ujarnya.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar hanya tersenyum saat dikonfirmasi mengenai kabar seleksi tersebut. Sedangkan Sekretaris Jenderal ESDM yang juga Ketua Panitia Seleksi Dirjen Migas Ego Syahrial enggan berbicara banyak seputar progres seleksi. "Tenang saja ini pasti kami pilih yang terbaik untuk negara dan bangsa. Kita lihat saja," ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...