Gaet BUMN, Mitra Pengemudi Grab Bisa Kredit Rumah dengan Bunga Tetap

Penulis: Tri Kurnia Yunianto

Editor: Desy Setyowati

16/9/2019, 15.51 WIB

Ada dua syarat untuk mendapat fasilitas KPR khusus ini.

Grab Indonesia bekerja sama dengan SMF untuk menyediakan layanan pembiayaan perumahan bagi mitra pengemudi GrabCar.
SMF
Grab Indonesia bekerja sama dengan SMF untuk menyediakan layanan pembiayaan perumahan bagi mitra pengemudi GrabCar.

Grab bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk memberikan akses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi para mitra pengemudi. Bunga pinjaman pun bersifat tetap (flat).

Namun, layanan itu baru tersedia untuk mitra pengemudi GrabCar. “Ditargetkan 100 orang mitra pengemudi mendapatkan kemudahan dalam pengajuan kredit rumah," kata Managing Director PT Grab Indonesia Neneng Goenandi saat konferensi pers di Jakarta, Senin (16/9).

Bunga pinjaman yang dibayarkan mitra pengemudi pun bersifat tetap. Dengan begitu, nilai kewajiban angsuran debitur stabil selama waktu pembiayaan, sehingga dapat memberikan kepastian.

Untuk mengantisipasi adanya kredit macet, Grab menetapkan beberapa syarat supaya mitra pengemudi bisa mengajukan KPR khusus ini. Di antaranya telah menjadi mitra lebih dari dua tahun dan penghasilannya konsisten.

(Baca: BTN Gandeng Grab Fasilitasi Kepemilikan Rumah Pekerja Informal)

Mitra pengemudi yang lolos kualifikasi akan mendapat undangan untuk menghadiri pameran. “Kami berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan sumber penghasilan yang berkesinambungan bagi para mitra pengemudi, namun juga kesempatan bagi mereka untuk memiliki rumah,” kata dia.

Neneng mengatakan, proses pengajuan KPR khusus ini hanya memakan waktu sehari atau one day approval. “Yang diundang hari ini (untuk dapat KPR) merupakan mitra pengemudi yang sudah dikualifikasi," katanya. Mitra pun bisa mengansur cicilan KPR secara harian selama 15 tahun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menambahkan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk memperluas penyaluran KPR. Apalagi, SMF merupakan BUMN di bawah Kementerian Keuangan, yang memiliki tugas dari pemerintah sebagai Special Mission Vehicle (SMV).

(Baca: SMF Salurkan Rp 5,33 Triliun Pinjaman ke Debitur KPR di Semester I)

SMF bertugas untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan di Indonesia. "Kerja sama ini adalah bagian dari komitmen dan keberpihakan kami kepada masyarakat untuk memperoleh haknya dalam mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau," kata Ananta.

Program ini pun disambut baik mitra pengemjudi GrabCar. “Ini sangat membantu. Karena saya belum memiliki rumah,” kata Mitra Pengemudi GrabCar Angky Eko Basuni (40 tahun).

Angky bergabung dengan Grab selama empat tahun. Ia mencatat, penghasilannya rata-rata Rp 700 ribu per hari. Pendapatan ini menurutnya sangat membantu perekonomian keluarganya.

"Dengan uang muka 1% dan cicilan sekitar Rp 100 ribu per hari, itu sangat terjangkau. Sama seperti biaya sewa rumah," kata Angky.

(Baca: Babak Baru Pertarungan Gojek dan Grab di Tiga Layanan)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan