Gaet BUMN, Mitra Pengemudi Grab Bisa Kredit Rumah dengan Bunga Tetap

Image title
16 September 2019, 15:51
Grab Indonesia bekerja sama dengan SMF untuk menyediakan layanan pembiayaan perumahan bagi mitra pengemudi GrabCar.
SMF
Grab Indonesia bekerja sama dengan SMF untuk menyediakan layanan pembiayaan perumahan bagi mitra pengemudi GrabCar.

Grab bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk memberikan akses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi para mitra pengemudi. Bunga pinjaman pun bersifat tetap (flat).

Namun, layanan itu baru tersedia untuk mitra pengemudi GrabCar. “Ditargetkan 100 orang mitra pengemudi mendapatkan kemudahan dalam pengajuan kredit rumah," kata Managing Director PT Grab Indonesia Neneng Goenandi saat konferensi pers di Jakarta, Senin (16/9).

Bunga pinjaman yang dibayarkan mitra pengemudi pun bersifat tetap. Dengan begitu, nilai kewajiban angsuran debitur stabil selama waktu pembiayaan, sehingga dapat memberikan kepastian.

Untuk mengantisipasi adanya kredit macet, Grab menetapkan beberapa syarat supaya mitra pengemudi bisa mengajukan KPR khusus ini. Di antaranya telah menjadi mitra lebih dari dua tahun dan penghasilannya konsisten.

(Baca: BTN Gandeng Grab Fasilitasi Kepemilikan Rumah Pekerja Informal)

Mitra pengemudi yang lolos kualifikasi akan mendapat undangan untuk menghadiri pameran. “Kami berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan sumber penghasilan yang berkesinambungan bagi para mitra pengemudi, namun juga kesempatan bagi mereka untuk memiliki rumah,” kata dia.

Neneng mengatakan, proses pengajuan KPR khusus ini hanya memakan waktu sehari atau one day approval. “Yang diundang hari ini (untuk dapat KPR) merupakan mitra pengemudi yang sudah dikualifikasi," katanya. Mitra pun bisa mengansur cicilan KPR secara harian selama 15 tahun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menambahkan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk memperluas penyaluran KPR. Apalagi, SMF merupakan BUMN di bawah Kementerian Keuangan, yang memiliki tugas dari pemerintah sebagai Special Mission Vehicle (SMV).

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...