#SawitBaik, Kampanye Kominfo yang Dikecam di Tengah Kabut Asap

Pingit Aria
17 September 2019, 12:14
Petugas Manggala Agni Daops Pekanbaru berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di perkebunan sawit milik warga di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, Rabu (4/9/2019). Satgas Karhutla Riau terus berupaya melakukan pemadaman kebakaran lahan agar tidak sema
ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Petugas Manggala Agni Daops Pekanbaru berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di perkebunan sawit milik warga di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, Rabu (4/9/2019). Satgas Karhutla Riau terus berupaya melakukan pemadaman kebakaran lahan agar tidak semakin meluas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menjadi buah bibir pengguna Twitter karena telah mengkampanyekan tagar #SawitBaik. Momen ini dinilai tidak tepat karena beberapa daerah tengah dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Kampanye #SawitBaik dimulai pada Senin (17/9) kemarin, bersamaan dengan peluncuran akun Twitter @SawitBaikID di Twitter. Saat ini akun tersebut telah memiliki lebih dari 1.500 pengikut.

Peluncuran kampanye #SawitBaik ditandai dengan sebuah Influencer Meeting yang digelar di Jakarta. Di antara pembicara yang hadir adalah Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi perekonomian dan Maritim, Kominfo.

Menurutnya, sawit adalah penghasil devisa sebesar US$ 22,97 miliar pada tahun 2017. Industri sawit juga padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja.

(Baca: Jokowi: Upaya Pemadaman Karhutla di Riau Sudah Maksimal)

Karena itu, pemerintah meluncurkan kampanye #SawitBaik. “Gerakan Nasional ini menciptakan dukungan publik di media sosial, menjawab berbagai isu negatif terhadap sawit, menyebarluaskan berbagai hal positif dari sawit, menumbuhkan kecintaan terhadap produk sawit, dan terwujudnya partisipasi aktif masyarakat dalam kampanye ini,” tuturnya.

Dalam kampanye ini, Kominfo berpegang pada Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 mengenai Government Public Relation untuk melakukan sosialisasi, edukasi dan pendampingan dalam program pemerintah.

Selain Septriana, hadir juga Anggota DPR dari fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun; Senior Assistant Professional dari KEIN Firdha Anisa Najiya; Plt. Asisten Deputi Perkebunan dan Hortikultura, Kemenko Perekonomian Muhammad Saifulloh; dan pegiat media sosial Zulfikar Akbar.

Kampanye ini mendapat sorotan warganet. Tagar #SawitBaik sempat menjadi topik terpopuler di Twitter pada Senin (16/9) kemarin. Meski, tak semua komentar bernada positif.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...