DPD Usul 15 Calon Anggota Baru BPK, Mayoritas Politisi dan Anggota DPR

Agatha Olivia Victoria
18 September 2019, 19:38
BPK
Arief Kamaludin|KATADATA
BPK

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat pemilihan lima Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) baru pada pekan ini. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah membuat daftar 15 kandidat yang direkomendasikan, delapan di antaranya berlatar belakang politisi.

Anggota Komisi XI DPR Donny Imam Priambodo menjelaskan, rapat pengambilan keputusan akan digelar setelah Komisi XI memperoleh rekomendasi dari DPD. Adapun rekomendasi dari DPD baru diterimanya melalui pesan Whatsapp pada Rabu, 18 September 2019. Namun, ia belum bisa memastikan apakah surat rekomendasi telah disampaikan secara formal.

Dengan perkembangan ini, ia memperkirakan, Komisi XI bisa menggelar rapat pengambilan keputusan pada Kamis, 19 September 2019. "Mungkin besok, setelah surat hasil pertimbangan DPD masuk ke DPR dan Komisi XI," ujar Donny saat dihubungi katadata.co.id, Rabu (18/9).

(Baca: Politisi Jadi Calon Anggota BPK Dikhawatirkan Ganggu Kinerja Audit)

Ia pun membeberkan ke-15 calon yang direkomendasikan DPD, yaitu Akhmad Muqowam, Harry Azhar Azis, Achsanul Qosasi, Shohibul Iman, Sahala Benny Pasaribu, Muhammad Syarkawi Rauf, Muhammad Yusuf Ateh, Candra Wijaya, Eddy Suratman, Tjatur Sapto Edy, Daniel Lumban Tobing, Willgo Zainar, Kukuh Prionggo, Ahmadi Noor Supit, dan Hendra Susanto.

Adapun Harry Azhar Azis dan Achsanul Qosasi merupakan petahana. Sebelum menjabat Anggota BPK periode 2014-2019, Harry merupakan politisi dari Partai Golkar, sedangkan Aqsanul dari Partai Demokrat. Dengan demikian, total ada delapan calon dengan latar belakang anggota partai politik yang direkomendasi DPD. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...