ExxonMobil Resmi Jual Minyak Mentah ke Pertamina

Image title
20 September 2019, 11:57
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo ExxonMobil. ExxonMobil menjual minyak mentah ke Pertamina mulai September 2019.

ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) akhirnya mencapai kesepakatan dengan Pertamina Integrated Supply Chain untuk menjual minyak mentah dari Lapangan Banyu Urip Blok Cepu. Minyak mentah tersebut merupakan tambahan volume minyak EMCL yang dijual ke pasar setelah terpenuhinya Domestic Market Obligation (DMO).

Penjualan minyak dari Blok Cepu ke Pertamina tersebut dilakukan untuk mengurangi impor minyak mentah. Pertamina menyebut jumlah pembelian minyak dari ExxonMobil sebesar 650 ribu barel untuk periode September 2019.

"Pengapalan kargo ini akan dikirimkan ke kilang Pertamina untuk mendukung pasokan minyak mentah dalam negeri," kata President ExxonMobil Cepu Limited Louise McKenzie dalam siaran pers pada Jumat (20/9).

Saat ini, produksi minyak mentah dari Lapangan Banyu Urip mencapai 220.000 barel per hari. Minyak mentah tersebut diolah di Fasilitas Pengolahan Pusat Blok Cepu.

(Baca: Sempat Sebut Tak Butuh, Pertamina Beli Juga Minyak Mentah ExxonMobil)

Minyak tersebut kemudian dialirkan melalui jalur pipa sepanjang 95 kilometer ke Palang, Tuban. Kemudian diangkut ke Kapal FSO Gagak Rimang yang berlabuh di lepas pantai Tuban, Jawa Timur, sebelum dikirim ke kilang Pertamina. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...