Incar Cadangan Minyak, Pertamina EP Eksplorasi Wilayah Jambi Field

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Ratna Iskana

20/9/2019, 18.33 WIB

Pertamina akan mengebor satu sumur di Jambi Field yang ditargetkan selesai dalam dua bulan ke depan.

Pertamina
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi, kegiatan pengeboran minyak. Pertamina EP tengah mengebor satu sumur di wilayah Jambi Field untuk meningkatkan produksi minyak.

Pertamina EP (PEP) tengah mengebor sumur Tulip Jingga (TJA)-001 di wilayah kerja Asset 1 Jambi Field. Pengeboran sumur eksplorasi migas tersebut berguna untuk menambah cadangan migas perusahaan.

Nanang mengungkapkan proses pengeboran diproyeksikan akan rampung dalam 60 hari ke depan. "Saat ini sedang drilling minggu ke dua," kata Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf kepada Katadata.co.id, Jumat (20/9).

Setelah proses pengeboran rampung, Pertamina EP akan mengevaluasi kegiatan eksplorasi tersebut. "Apakah perlu tambahan sumur lagi dan sebagainya," ujarnya.

(Baca: Pertamina Tingkatkan Produksi Minyak dari Sumur Ketujuh Akasia Bagus)

Nanang pun berharap ada temuan minyak dari pengeboran sumur Tulip Jingga (TJA)-001 tersebut. Dengan begitu, Pertamina EP dapat meningkatkan produksi minyak.

Namun dia belum bisa memastikan potensi cadangan migas dari sumur tersebut. "Sumber dayanya nanti harus saya periksa dulu," ujar Nanang.

Hingga kini, Pertamina EP Asset 1 Jambi Field menghasilkan produksi minyak sebesar 2.833 barel per hari (BOPD) atau 101% dari target sebesar 2.809 BOPD. Produksi tersebut diperoleh dari 11 struktur yang dioperasikan oleh Pertamina EP Jambi Field, antara lain Kenali Asam, Bajubang, Tempino, Sungai Gelam, Ketaling Barat, Ketaling Timur, Setiti, Sengeti, Bungin Batu, Penerokan dan Simpang Tuan.

(Baca: Pertamina Tunggu Validasi Temuan Cadangan Migas Sumur Morea–001)

Seperti diketahui, PEP juga baru saja mendapatkan produksi minyak dari proyek pengembangan Bambu Besar (BBS) dan Akasia Bagus (ABG). Perusahaan menemukan potensi produksi minyak dari hasil pengeboran Sumur Akasia Bagus (ABG)-007 sebesar 320-350 barel minyak per hari (bopd).

Selain itu, Pertamina EP menemukan potensi cadangan migas di wilayah kerjanya dengan total mencapai 22 MMBOE. Diantaranya berasal dari Randu Wangi di Jawa Barat dan Wolai di Sulawesi tengah.

Saat ini Pertamina EP memiliki luas sekitar 113,629.82 kilometer persegi yang tersebar di seluruh Indonesia. Wilayah kerja Pertamina EP tersebut dibagi ke dalam lima asset.

Asset 1 terdiri dari Lapangan Rantau, Pangkalan Susu, Lirik, Jambi, dan Ramba. Asset 2 ada Lapangan Prabumulih, Pendopo, Limau dan Adera. Asset 3 yakni Lapangan Subang, Jatibarang, dan Tambun. Asset 4 adalah Lapangan Cepu, Poleng dan Matindok. Asset 5 berisi Lapangan Sangatta, Bunyu, Tanjung, Sangasanga, Tarakan dan Papua.

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan