Trump Sanksi Bank Sentral Iran usai Serangan Kilang Minyak Saudi

Agustiyanti
21 September 2019, 09:45
Presiden Amerika Serikat Donald Trump naik ke Air Force One saat ia berangkat dari Washington menuju ke Greenville, North Carolina di Joint Base Andrews, Maryland, Rabu (17/7/2019).
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque
Presiden Amerika Serikat Donald Trump naik ke Air Force One saat ia berangkat dari Washington menuju ke Greenville, North Carolina di Joint Base Andrews, Maryland, Rabu (17/7/2019).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump  telah memerintahkan untuk meningkatkan sanksi pada bank sentral Iran ke level tertinggi. Hal ini dilakukan tak lama berselang dari serangan terhadap kilang minyak milik Arab Saudi.

Dikutip dari CNBC, Trump membuat pernyataan kepada para wartawan di Gedung Putih, di mana ia dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan bilateral.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin menjelaskan bahwa bank sentral adalah sumber dana terakhir Teheran. Saat ini, AS telah memotong seluruh sumber dana ke negara tersebut.

Trump, yang mengatakan sanksi itu diterapkan pada bank sentral Iran, mengatakan hukuman baru terhadap Iran menandai "sanksi tertinggi yang pernah dijatuhkan AS pada suatu negara."

Pernyataan Trump di Gedung Putih datang dua hari setelah dia mengumumkan melalui Twitter akan menginstruksikan Mnuchin "untuk secara substansial meningkatkan Sanksi pada negara Iran!".

(Baca: Delegasi Tiongkok Batal Kunjungan ke AS, Bursa Saham Global Merah)

Para pejabat AS, termasuk Mnuchin dan Sekretaris Negara Mike Pompeo menuding Iran mengatur serangan yang merusak instalasi minyak milik Arab Saudi pada akhir pekan lalu.

Iran membantah berada di balik serangan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...