300 E-Warong Siluman Bisa Cairkan Bantuan Non-Tunai, Ada Tambal Ban

Rizky Alika
23 September 2019, 15:43
Bulog sebut ada 300 e-warong siluman cairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
TRISNADI I ANTARA FOTO
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (tengah) melakukan pengecekan e-Warong di Kampung Kemasan, Kelurahan Blotok, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (5/2/2017).

Direktur Utama Perum Bulog (Persero) Budi Waseso mengatakan ada 300 e-warong siluman yang bisa mencairkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). E-warong siluman tersebut termasuk tukang tambal ban.

"Penyalur kerja sama dengan e-warong siluman. Tambal ban saja bisa salurkan BPNT. Gimana ceritanya?" kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (23/9).

Budi menyatakan e-warong siluman tersebut tidak berizin dan tidak jelas kredibilitasnya. Adapun e-warong sejatinya hanya bisa mencairkan BPNT untuk pembelian bahan pangan pokok, sesuai ketentuan.

(Baca: Buwas akan Pecat Karyawan yang Terlibat Pemalsuan Beras BPNT)

Sejauh ini, Bulog mencatat terdapat 3 ribu e-warong di seluruh Indonesia, yang terdiri dari warung, toko kelontong, warung desa, Rumah Pangan Kita (RPK) yang menjual bahan pangan, atau usaha eceran lainnya.

E-warong ditentukan oleh Kementerian Sosial sebagai tempat pencairan, penukaran dan pembelian bahan pangan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT. E-warong bekerja sama dengan bank penyalur BPNT, serta pemasok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...