Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Masih Kalah dari Pekanbaru

Happy Fajrian
23 September 2019, 09:44
kualitas udara, jakarta, kebakaran hutan, karhutla, kabut asap
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Pemandangan gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Senin (29/7/2019). Data aplikasi AirVisual yang merupakan situs penyedia peta polusi daring harian kota-kota besar di dunia, menempatkan Jakarta sebagai kota dengan polusi terburuk di dunia.

DKI Jakarta pagi hari ini, Senin (23/9), menjadi kota dengan kualitas udara terburuk dibandingkan kota-kota utama lainnya di dunia. Berdasarkan data dari AirVisual.com pada pukul 08.14. Indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta saat ini mencapai angka 174 atau berada pada level tidak sehat.

Menurut data AirVisual, udara di Jakarta secara keseluruhan mengandung polutan partikulat PM2.5 dengan kepadatan 99,8 µg/m³. Sedangkan pengukuran polutan PM2.5 oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di wilayah Kemayoran pada pukul 06.00 WIB mencatatkan kepadatan polutan sebesar 47,82 µg/m³.

Setelah Jakarta, di posisi kedua kota terpolusi di dunia yaitu ibu kota Pakistan, Karachi dengan AQI sebesar 166; diikuti Hanoi, Vietnam di posisi ketiga dengan AQI 165; Chengdu, Tiongkok dengan AQI 164; dan Dubai, Uni Emirat Arab di posisi kelima dengan AQI 160.

Menurut laporan kualitas udara AirVisual, sejak Agustus 2019 masyarakat di wilayah DKI Jakarta terpaksa menghirup udara dengan kualitas yang tidak sehat.

(Baca: Menteri LHK: Titik Panas Turun, Penanganan Karhutla Terus Dilakukan)

Kota-Kota di Indonesia dengan Kualitas Udara Terburuk

Namun jika dibandingkan dengan kota-kota di wilayah Sumatera dan Kalimantan yang saat ini tengah menghadapi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kualitas udara di lima kota besar tersebut di atas masih jauh lebih baik.

Saat ini kota dengan kualitas udara terburuk dan berada pada level berbahaya untuk kesehatan di Indonesia yaitu kota Pekanbaru, Riau, dengan indeks AQI 744. Udara di kota Pekanbaru mengandung polutan pm2.5 sebesar 870 µg/m³.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...