Menteri Darmin Beri Empat Tugas kepada Pelaku Industri Fintech

Cindy Mutia Annur
Oleh Cindy Mutia Annur - Desy Setyowati
23 September 2019, 12:06
Menteri Darmin berharap empat hal atas kehadiran fintech di Indonesia.
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Darmin berharap empat hal atas kehadiran fintech di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis, ekonomi dan keuangan digital (fintech) dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Ia pun mengharapkan empat hal pada industri ini.

Pertama, menjangkau populasi di kawasan terluar dan terdalam di Indonesia. Dengan begitu, ia berharap target inklusi keuangan 75% tahun ini.

Kedua, fintech bekerja sama dengan agen perbankan. “Saya harap ekosistem melihat pasar potensial untuk tumbuh bersama dengan agen bank yang sudah ada menggaet konsumen yang belum mendapat akses keuangan,” katanya di acara Fintech Summit 2019 di Jakarta, Senin (23/9).

Ketiga, fintech tidak hanya fokus mencari keuntungan, tetapi juga fokus meningkatkan edukasi dan proteksi kepada konsumen. Terakhir, fintech terintegrasi dengan sektor ekonomi riil yang telah mengadopsi teknologi.

(Baca: Menteri Darmin: Fintech di Indonesia Hadapi Empat Tantangan)

Berdasarkan data Findex, jumlah penduduk dewasa yang memiliki akses layanan keuangan naik dari sekitar 36% pada 2014 menjadi 48,9% pada 2017. Namun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlahnya sudah mencapai 68,7% pada 2017.

Namun, pemerintah menargetkan inklusi keuangan bisa mencapai 75% tahun ini. “Kami  percaya pada inovasi dalam industri digital dan teknologi untuk mencapai inklusi keuangan ini dengan lebih cepat,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...