OVO Tanggapi Kabar Bakal Gabung DANA hingga Jadi Unicorn

Desy Setyowati
23 September 2019, 16:22
OVO tanggapi kabar bakal merger dengan DANA hingga jadi unicorn.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi OVO di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9). OVO tanggapi kabar bakal merger dengan DANA hingga jadi unicorn.

Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran PT Visionet Internasional (OVO) tengah digoyang isu merger dengan DANA dan akuisisi Bareksa. Menanggapi hal itu, OVO mengatakan bahwa perusahaannya fokus pada konsumen.

Director of Enterprise Payments OVO Harianto Gunawan enggan berkomentar banyak perihal kabar Grab bakal mengakuisisi DANA, dan kemudian digabung dengan perusahaannya. “Kami tidak bicara soal rumor,” katanya di sela-sela acara Fintech Summit 2019 di JCC, Jakarta, Senin (23/9).

Ia mengatakan, perusahaannya berfokus pada konsumen. Dia ingin layanannya digunakan sejak konsumen bangun tidur hingga kembali ke rumah. “Itu kami petakan satu-satu dan kami generate,” katanya.

Kalau pun ditanya perihal kemungkinan konsolidasi fintech pembayaran ke depan, menurutnya industri ini masih terlalu muda. Berbeda dengan perbankan yang sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu.

“Masih di tahap inovasi produk (industri fintech). Kami bukan bank yang sudah puluhan tahun. Kami masih baru. Kami lihat bagaimana perkembangannya,” kata dia.

(Baca: Kabar OVO Gabung dengan DANA, Menteri Kominfo Minta Ikuti Aturan)

Selain itu, ia menanggapi kabar mengakuisisi Bareksa. Isu itu muncul lantaran CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra rangkap jabatan menjadi Presiden Direktur OVO.

Harianto menegaskan bahwa hubungan OVO dengan Bareksa adalah kerja sama strategis. “Jadi OVO family bukan berarti akuisisi,” kata dia.

Kerja sama ini, kata dia, dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen akan produk keuangan dan edukasi. Kolaborasi dengan Bareksa diharapkan bisa meningkatkan layanan perusahaan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...