Sudah 37 Perusahaan IPO Tahun Ini, Raih Dana Publik Rp 11 Triliun

Image title
23 September 2019, 12:55
bursa efek indonesia, ipo, optima prima metal,
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (14/6/2019). Sepanjang tahun ini total sudah ada 37 perusahaan yang melakukan IPO dengan total raihan dana Rp 10,99 triliun.

Bursa Efek Indonesia (BEI) sejauh ini sudah berhasil mengajak 37 perusahaan untuk melakukan penawaran umum perdana saham melalui skema initial public offering (IPO). Terbaru, PT Optima Prima Metal Sinergi Tbk (OPMS) yang mencatatkan diri sebagai perusahaan terbuka pada hari ini, Senin (23/9).

OPMS melepas 400 juta saham baru dalam IPO atau 40% dari modal yang disetor perseroan dengan harga yang ditetapkan Rp 135 per saham. Dengan penawaran tersebut perseroan mengantongi dana sebesar Rp 54 miliar.

Direktur Utama OPMS Meilyna Widjaja mengatakan, IPO ini menjadi upaya perseroan untuk meningkatkan kinerja keuangan dengan memperkuat modal kerja. Sehingga seluruh dana yang diraupnya ini akan digunakan untuk membeli kapal bekas yang akan dijadikan besi scrap.

"Dengan kucuran dana segar yang diperoleh dari publik melalui mekanisme IPO ini berarti dapat semakin memperkuat fundamental bisnis perseroan dalam menyediakan bahan mentah besi baja berkualitas," ujar Meilyna saat pencatatan perdana perusahaan di Gedung BEI, Jakarta, Senin (23/9).

(Baca: Gunung Raja jadi Emiten Pertama Peraih Dana IPO Rp 1 Triliun Tahun Ini)

Dengan raupan dana dari OPMS, nilai total fund raising dari perusahaan-perusahaan yang mencatatkan diri di bursa sepanjang 2019 ini menjadi Rp 10,99 triliun. Dari keseluruhan perusahaan tersebut, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) yang IPO pada 9 Juli 2019 menjadi perusahaan yang meraup dana paling besar saat IPO senilai Rp 4,76 triliun.

Meski begitu, LIFE tidak mengantongi dana dari IPO tersebut karena ada investor yang melepas saham LIFE ke publik. Sehingga LIFE tidak melepas saham baru ke publik sama sekali, hanya saham lama yang dilepas ke publik.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...