Temui Jokowi, Petani Minta Presiden Pimpin Langsung Reforma Agraria

Dimas Jarot Bayu
24 September 2019, 18:37
Jokowi, Pertanian
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi, sejumlah buruh tani membawa gabah usai panen di salah satu kawasan lumbung padi di Desa Paron, Ngawi, Jawa Timur, Jumat (10/3). Para petani menuntut Presiden Jokowi memimpin langsung reforma agraria.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan perwakilan petani yang berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/9). Dalam pertemuan itu, presiden telah mencatat semua tuntutan petani.

Tuntutan petani di antaranya terkait persoalan reforma agraria, redistribusi, perhutanan sosial, hingga masyarakat transmigrasi. Presiden juga mendengarkan tuntutan petani untuk merevisi Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria.

Para petani menuntut agar Presiden memimpin langsung agenda reforma agraria. Padahal, dalam Perpres Nomor 86 Tahun 2018, agenda reforma agraria dipimpin oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

Menurut Moeldoko, pemerintah akan mengkaji permintaan dari para petani tersebut. “Akan kami cek kembali substansinya dari Perpres tersebut,” kata Moeldoko di Jakarta, Selasa (24/9).

(Baca: Serikat Petani Demonstrasi di DPR Tolak Lima Undang-undang Bermasalah)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...