Akseleran Dikabarkan Dapat Pendanaan Rp 117 M dari Modal Ventura AS

Cindy Mutia Annur
25 September 2019, 11:08
Akseleran dikabarkan telah mengumpulkan tambahan modal Rp 11,9 miliar dari moda ventura asal AS
akseleran
Tim Akseleran di acara Fintech Summit 2019 di JCC, Jakarta, Senin (24/9). Akseleran dikabarkan telah mengumpulkan tambahan modal Rp 11,9 miliar dari moda ventura asal AS.

Perusahaan teknologi finansial pinjam-meminjam (fintech lending) Akseleran dikabarkan telah mengumpulkan modal US$ 8,5 juta atau sekitar Rp 117 miliar dalam putaran pendanaan Seri A. Modal ventura asal Amerika Serikat (AS), Access Ventures disebut-sebut terlibat dalam investasi ini.

DealStreetAsia pertama kali melaporkan kabar tersebut. Namun, Akseleran enggan memberikan tanggapan. “Kami akan berkomentar pada November mendatang, karena saat ini sedang menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata perwakilan Akseleran, dikutip dari KrAsia, Rabu (25/9).

Advertisement

Namun, perusahaan diketahui telah memperbarui profilnya di Crunchbase. Perusahaan menyebutkan telah mengumpulkan dana pada 23 September 2019 melalui situs basis data tersebut.

Akseleran memeroleh tambahan modal US$ 2,5 juta atau sekitar Rp 35 miliar pada awal tahun ini. Akseleran menargetkan putaran pendanaan ini bisa mencapai US$ 7,5 juta atau sekitar Rp 105 miliar. Namun, Deal Street Asia sempat melaporkan bahwa Akseleran sudah mengumpulkan dana segar US$ 5 juta atau sekitar Ro 70,5 miliar pada Juli lalu. 

(Baca: Akseleran Salurkan Pinjaman Rp 550 Miliar per Semester I 2019)

Fintech tersebut telah menyalurkan pinjaman Rp 706 miliar hingga pertengahan September 2019. Setidaknya, Akseleran memberikan pembiayaan Rp 70 miliar per bulan.

CEO sekaligus Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan menargetkan, perusahaannya bisa menyalurkan pinjaman Rp 1,1 triliun hingga akhir tahun ini. “Jauh meningkat dibandingkan realisasi akhir tahun lalu Rp 210 miliar,” kata dia dalam siaran pers, Senin (24/9).

Saat ini, Akseleran saat ini masih berfokus dengan produk berupa Invoice Financing yang berkontribusi lebih dari 90% dari total pembiayaan. Ke depan, Akseleran akan memperbesar Supply Chain Financing, yang porsinya hanya sekitar 10-15% saat ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement