Belanja Online Bakal Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun Depan

Agustiyanti
25 September 2019, 20:13
belanja online, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi belanja online. ADB memproyeksi aktivitas belanja online bakal menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan.

Asian Development Bank (ADB) memperkirakan aktivitas belanja online bakal menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan. Hal ini seiring dengan terus meningkatnya populasi penduduk muda di Tanah Air.

“Sektor jasa diperkirakan akan menjaga pertumbuhan tetap tinggi karena terdorong oleh populasi kaum muda yang banyak, sehingga meningkatkan penggunaan jasa online,” kata Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia Winfried Wicklein di Jakarta, Rabu (25/9).

Tahun depan, menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksi mencapai 5,2%. Proyeksi ini lebih tinggi dibanding tahun ini yang hanya mencapai 5,1%, dipangkas dari proyeksi sebelumnya sebesar 5,2%.

“Laju pertumbuhan tahun ini sedikit lebih lambat, disebabkan oleh penurunan ekspor dan melemahnya investasi domestik,” terang dia.

(Baca: ADB Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun Ini jadi 5,1%)

Winfriend juga memperkirakan inflasi akan tetap stabil yaitu sebesar 3,3% pada tahun depan. Hal ini, menurut dia, turut dapat membantu mempertahankan momentum belanja rumah tangga atau konsumen tahun depan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...