Gagal Paham RUU PKS, Dianggap Pro-LGBT dan Melenceng dari Agama

Sorta Tobing
25 September 2019, 17:16
RUU PKS, pro kontra ruu pks, draft ruu pks, isi ruu pks 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Massa demo tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) di depan gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat (17/9).

Masa kerja Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014-2019 akan berakhir dalam hitungan hari. Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) tak juga disahkan meskipun pembahasannya sudah memakan waktu lima tahun.

Kondisinya berbeda dengan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi. Anggota DPR yang biasanya “malas” malah secepat kilat bekerja. Dalam 13 hari aturan itu berhasil ditetapkan.

Kondisi itu tentu membuat kecewa banyak pihak, terutama para perempuan. RUU PKS sejatinya merupakan payung hukum untuk mencegah bertambahnya korban kekerasan seksual di negara ini.

“RUU PKS ini pro-korban dan bisa menjadi payung hukum yang kuat,” kata juru bicara Koalisi Ruang Publik Aman Rika Rosviati saat berorasi di depan Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Selasa (17/9), seperti dikutip dari Antara.

Selain melindungi korban, rancangan undang-undang itu bertujuan untuk mencegah korban kekerasan seksual kembali menjadi pelaku di masa mendatang.

Sayangnya, penolakan aturan ini datang dari kelompok kanan. Mereka menghembuskan isu kalau RUU PKS terlalu liberal, tak sesuai norma agama, dan melegalkan kelompok, lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

(Baca: Foto: Gelombang Kedua Mahasiswa Menghadang Undang-undang Kontroversial)

Rika menilai tudian tersebut terjadi karena ada kelompok yang tidak memahami dan membaca draft secara menyeluruh. "Sebetulnya jika mereka membaca dokumennya dengan baik, tidak ada satu pasal pun yang menyebutkan LGBT," ujar perempuan yang akrab disapa Neqy itu.

Terkait tudingan tidak berdasarkan Pancasila, justru yang terjadi sebaliknya. Salah satu pasal RUU itu menyebutkan sila kedua ideologi negara ini, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

RUU PKS menjadi mendesak, menurut Neqy, karena banyak perempuan menjadi korban kriminalisasi. Kasus Baiq Nuril, contohnya. “Kasus itu merupakan pembelajaran yang baik sekali bagaimana korban pelecehan seksual malah dikriminalisasi dan masuk penjara, sementara pelakunya bebas,” katanya.

Majelis Ulama Indonesia sebelumnya berharap seluruh partai politik menolak RUU PKS disahkan menjadi undang-undang. “Walaupun baru dua partai, yaitu Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional, mudah-mudahan 10 partai menolak,” kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Didin Hafidhuddin.

Menurut dia, RUU PKS perlu pembahasan lebih dalam. Tidak mungkin juga dioper ke DPR mendatang karena bahannya belum siap. Karena itu, MUI menilai saat ini Indonesia lebih membutuhkan Undang-Undang Pertahanan Keluarga.

(Baca: KontraS Desak Usut Polisi Pelaku Kekerasan terhadap Mahasiswa)

Jumlah Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Terus Meningkat

Alasan MUI tersebut semakin melenceng dari semangat yang dibawa dalam RUU PKS. Perlindungan terhadap perempuan saat ini menjadi penting. Pasalnya, kasus kekerasan terhadap kaum Hawa dalam 10 tahun terakhir terus meningkat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...