GoPay, Dompet Digital Milik Gojek yang Rajin 'Bakar Uang'

Pingit Aria
25 September 2019, 18:44
Ilustrasi Gopay di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9). 
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Gopay di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9). 

Setahun sudah, dompet digital milik Gojek menggelar promo GoPay Payday. Pada September 2019 ini, promo tersebut akan digelar pada 26-27, esok hingga lusa. Selama dua hari itu, GoPay akan memberikan uang kembali atau cashback hingga 50 persen dengan nilai maksimal tertentu di merchant yang bekerja sama.

CEO GoPay Aldi Haryopratomo mengatakan bahwa perusahaannya mendorong konsumen untuk mau bertransaksi menggunakan layanan pembayaran digital. Namun, selama ini orang pakai tunai untuk bertransaksi sehari-hari. “Kami butuh orang beralih, jadi kami bakar uang,” katanya dalam acara Fintech Summit 2019 di JCC, Jakarta, Selasa (24/9).

Advertisement

Meski begitu, GoPay tidak hanya memberikan promosi kepada pembeli tetapi juga mitra penjual. Sebab, promosi bisa membantu mitra penjual meningkatkan transaksi. “Kami memberikan promosi kepada orang yang tepat dan waktu yang tepat,” katanya.

GoPay saat ini memang memaksimalkan ekosistem Gojek untuk meningkatkan transaksi. Gojek memiliki sekitar dua juta mitra pengemudi taksi dan ojek online. Selain itu, decacorn Tanah Air ini menggaet sekitar 400 ribu mitra GoFood dan 60 ribu penyedia layanan yang hampir semuanya menerima pembayaran melalui GoPay.

(Baca: GoPay, OVO, LinkAja dan DANA Ungkap Soal Strategi ‘Bakar Uang’)

Alhasil, penggunaan (usecase) GoPay menjadi lebih luas, dari pesan-antar makanan, transportasi publik, pembelian tiket bioskop. Selain itu, pembayaran e-commerce, logistik, pengisian pulsa, tagihan bulanan, penarikan tunai hingga Google Play Store juga bias dilakukan melalui GoPay.

Head of Corporate Communications GoPay Winny Triswandhani mencatat, sekitar 50% transaksi di aplikasi Gojek menggunakan layanan pembayarannya. Selain itu, GoPay meningkatkan transaksi di luar ekosistem Gojek dengan menggaet Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement