Komisi XI DPR Pilih 4 Politisi Jadi Anggota BPK, Pius Suara Terbanyak

Agatha Olivia Victoria
25 September 2019, 18:25
bpk, dpr
Katadata/Agatha Olivia Victoria
Komisi XI DPR RI menetapkan lima anggota BPK Rabu (25/9). Nama kelima anggota ini akan diajukan dalam Sidang Paripurna besok, Kamis (26/9).

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menetapkan lima anggota baru Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Empat di antaranya merupakan politisi, sedangkan satu orang berasal dari internal BPK. 

Kelima nama tersebut yakni Pius Lustrilanang, Daniel Lumbantobing, Hendra Susanto, Achsanul Qosasi, dan Harry Azhar Azis. Pius dan Daniel saat ini masih sebagai anggota DPR.

Lalu Achsanul dan Harry Azhar merupakan petahana yang sebelumnya menjabat sebagai anggota DPR. Adapun Hendra Susanto merupakan pejabat karier di BPK dengan jabatan terakhir Kepala Auditor I B Direktur Auditorat Keuangan Negara I. 

"Apakah semua setuju kelima nama ini dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan?," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Soepriyatno yang disambut kata setuju oleh seluruh anggota Komisi XI usai voting calon anggota BPK di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9).

Soepriyatno menjelaskan dalam pemungutan suara yang dilakukan,  Pius mengantongi suara terbanyak yakni 43 suara. Kemudian, disusul oleh Daniel dan Hendra 41 suara, Achsanul 31 suara, serta Harry dengan 29 suara. Adapun sidang Paripurna, menurut dia, akan digelar Kamis besok (26/9). 

(Baca: DPD Usul 15 Calon Anggota Baru BPK, Mayoritas Politisi dan Anggota DPR)

Secara keseluruhan, hanya 15 calon anggota yang mendapat suara dari para anggota Komisi XI DPR. Kelima-belas calon tersebut yakni Catur Sapto Edi dengan 24 suara, Dadang Suwarna 24 suara, Ahmadi Noor Supit 17 suara, Shohibul Imam 13 suara, Muhammad Syarkawi Rauf 10 suara, Heru Kresna Reza, Sahala Benny Pasaribu, dan Muhammad Yusuf Ateh dua suara,  dua suara, serta Chandra Wijaya dan Willgo Zainar satu suara.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...