Waskita Karya Lirik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Image title
26 September 2019, 20:17
waskita karya, kereta cepat jakarta surabaya
Ilustrasi kereta cepat. Waskita Karya tertarik untuk bergabung ke dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

PT Waskita Karya Tbk (Waskita) menyatakan ketertarikannya untuk ikut menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. Ini dilatarbelakangi oleh pengalaman perseroan dalam mengerjakan proyek kereta api.

Direktur Operasi II WSKT Bambang Rianto mengatakan, apabila terlibat, perusahaannya akan masuk ke dalam jasa konstruksinya, mulai dari pembangunan subgrade hingga rel kereta. Bahkan anak usahanya yakni PT Waskita Beton Precast Tbk telah mendifersivikasikan bisnisnya ke produksi bantalan kereta api.

Advertisement

"Bahkan kami sudah punya izin dan sertifikat, dan rencananya akan dipasarkan ke Makassar (Sulawesi Selatan)," ujar Bambang di Jakarta, Kamis (26/9).

Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memasukan komponen asli Indonesia dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, termasuk mentransfer teknologi Jepang kepada Indonesia.

(Baca: Pemerintah Teken MoU Kereta Cepat JKT-SBY dengan Jepang Pekan Depan)

Adapun Indonesia dan Jepang telah melakukan berjasama yang cukup serius dalam proyek tersebut. Kerjasama proyek kereta cepat ini disebutkan ia sedang didalami bersama Japan International Cooperation Agency (JICA).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement