Beroperasi Besok, Tol Cijago Seksi II Akan Digratiskan untuk Umum

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Ekarina

27/9/2019, 21.07 WIB

Ruas tol ini sementara akan digratiskan untuk umum sampai sistem pentarifan keluar.

Suasana pembangunan tol Cijago di kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (13/3). Kementerian PUPR berupaya mempercepat pembangunan tol tersebut meski pembebasasan lahan belum tuntas 100 persen, konstruksi fisik proyek tol jalan Tol Cinere- Jagorawi (Cijago) sek
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya
Suasana pembangunan tol Cijago di kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (13/3). Kementerian PUPR berupaya mempercepat pembangunan tol tersebut meski pembebasasan lahan belum tuntas 100 persen, konstruksi fisik proyek tol jalan Tol Cinere- Jagorawi (Cijago) seksi II terus dikerjakan dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2017.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II yang menghubungkan Jalan Raya Bogor - Kukusan siap dioperasikan Sabtu (27/9) dinihari pukul 00.00 WIB. Untuk pengoperasian awal, ruas tol ini sementara akan digratiskan untuk umum sampai sistem pentarifan keluar.

"Cijago Seksi II akan kami buka dan belum bertarif sambil menunggu Surat Keputusan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk pengoperasian secara penuh dan dikenakan tarif," kata Kepala BPJT Danang Parikesit di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (27/9).

PT Translingkar Kita Jaya selaku pengelola jalan tol sepajang 5,5 km tersebut juga menurutnya tengah memproses pengajuan tarif. Pihak BPJT juga sedang memantau pengaturan di exit tol sebelum memproses pengenaan tarif.

(Baca: Menteri PUPR Optimistis 1.852 Km Jalan Tol Beroperasi Tahun Ini)

Danang mengatakan, jalan tol tersebut sudah laik untuk beropresi secara fungsional dan sudah melalui proses uji kelaikan.

Pengoperasian jalan tol Cijago Seksi II ini menrutnya sudah lama dinanti masyrakat. "Oleh karena itu, saya kira sangat bagus membuka ini tanpa tarif untuk bisa melihat bagaimana manajemen di sekitar exit jalan tol tersebut," kata Danang.

(Baca: Agar Dilirik Investor, Aturan Rest Area Tol Akan Terbit Akhir Tahun)

Tol Cijago akan total membentang 14,64 km, yang terbagi menjadi tiga seksi. Seksi I menghubungkan Tol Jagorawi dengan Jalan Raya Bogor. Seksi II menghubungkan Jalan Raya Bogor dengan Kukusan. Sementara Seksi III menghubungkan Kukusan dengan Cinere.

Total investasi untuk jalan tol ini nilainya mencapai Rp 3,2 triliun.

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan