BPS: Demonstrasi Belum Berpengaruh ke Kenaikan Harga Barang

Agatha Olivia Victoria
1 Oktober 2019, 15:00
demonstrasi, inflasi, bps
Demo pelajar berakhir ricuh di kompleks Parlemen di Jakarta, Selasa (30/9). Menurut BPS, aksi demonstrasi biasanya tak berpengaruh langsung terhadap tingkat kenaikan harga barang.

Badan Pusat Statistik (BPS) menilai aksi demonstrasi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini belum berdampak pada tingkat kenaikan harga barang dan jasa atau inflasi.

"Dampak demonstrasi ke inflasi, BPS belum melihat seberapa jauh. Kalau demonstrasi sampai menyebabkan chaos dan harga melompat tinggi, baru mungkin menumbulkan dampak tidak langsung," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Selasa (1/10).

Advertisement

Demonstrasi digelar ribuan mahasiswa, pelajar, dan elemen masyarakat lainnya sejak pekan lalu di Jakarta dan sejumlah daerah. Di sejumlah tempat, termasuk Jakarta, unjuk rasa beberapa kali berujung ricuh.

(Baca: Harga Cabai Turun, BPS Catat Deflasi 0,27% pada September 2019)

Meski terjadi gejolak saat demonstrasi digelar, menurut dia, hal tersebut sejauh ini belum mempengaruhi tingkat harga barang dan jasa. Ia pun berharap aksi unjuk rasa yang digelar masyarakat dapat berlangsung dengan tertib dan damai. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement