Bukan Milik Gojek, Gopay yang Diakuisisi PayPal Beroperasi di Tiongkok

Desy Setyowati
1 Oktober 2019, 17:50
Gopay yang diakuisisi PayPal di Tiongkok, bukan milik Gojek
instagram/@paypal
Gopay yang diakuisisi PayPal di Tiongkok, bukan milik Gojek

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) PayPal mendapat izin untuk mengakuisisi 70% saham Gopay Tiongkok. Perusahaan yang diakuisisi itu bukan milik Gojek, melainkan China International Commerce Center (CIECC) dan Cofortune Information Technology Co Ltd.

Gopay merupakan perusahaan patungan dengan nama Guofubao Information Technology Co Ltd. Sedangkan CIECC merupakan pusat perdagangan elektronik internasional Tiongkok.

Berdasarkan laman CIECC, Gopay merupakan bagian dari proyek pemerintah terkait kepabeanan. CIECC mendirikan Gopay untuk memfasilitasi ekspor dan impor secara online di Tiongkok.

Perusahaan pembayaran asal Negeri Tirai Bambu ini menyediakan tiga model bisnis, yakni Business to Business (BtoB), Business to Costumer (BtoC), dan Costumer to Costumer (CtoC). Karena itu, pasar Gopay ini cukup luas.

(Baca: PayPal Akuisisi 70% Saham GoPay Tiongkok)

Di Tiongkok, Gopay memiliki lisensi untuk transaksi secara online dan maupun mitra penjual offline lewat ponsel pintar (smartphone). Utamanya, GoPay menyediakan produk pembayaran untuk industri termasuk e-commerce, perdagangan lintas batas, maskapai penerbangan dan lainnya.

Dalam keterangan resmi Goufubao, PayPal mengakuisisi saham pengendali melalui anak usahanya yang berbasis di Shanghai, Yinbaobao Information Technology Co Ltd. Namun, nilai akuisisinya tidak disebutkan.

“Bank sentral Tiongkok (PBoC) menyetujui rencana PayPal Information Technologies Co Ltd untuk akuisisi 70% saham GoPay, pemegang lisensi bisnis pembayaran di Tiongkok,” demikian kata PayPal dalam keterangan pers dikutip dari Tech Crunch, Selasa (1/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...