Februari 2020, Whatsapp Tak Bisa Digunakan Oleh Pengguna Ponsel Ini

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Ameidyo Daud

1/10/2019, 13.05 WIB

Pengguna sistem operasi (OS) Android 2.3.7 atau Gingerbread dan OS iPhone iOS 7 tak dapat menggunakan WhatsApp mulai 1 Februari 2020 mendatang.

WhatsApp, Digital, Android, iOS.
PXHERE.COM
WhatsApp mengumumkan pengguna sistem operasi (OS) Android 2.3.7 atau Gingerbread dan OS iPhone iOS 7 tak dapat menggunakan platform tersebut mulai 1 Februari 2020 mendatang.

WhatsApp mengumumkan pengguna sistem operasi (OS) Android 2.3.7 atau Gingerbread dan OS iPhone iOS 7 tak dapat menggunakan platform tersebut mulai 1 Februari 2020. Aplikasi pesan online itu tidak berencana melanjutkan pengembangan untuk dua sistem ini. 

Whatsapp tidak secara eksplisit membatasi akses pengguna yang tetap menggunakan aplikasi yang tidak terkunci. Namun, hal itu dapat mempengaruhi fungsi penggunaan karena tak ada dukungan bagi perangkat OS Android dan iOS.

"Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan versi terbaru iOS yang tersedia untuk ponsel Anda," ujar Whatsapp dalam halaman pembaruan, seperti dikutip dari LiveMint, Senin (30/9).

(Baca: Metamorfosa WhatsApp, dari Aplikasi Percakapan ke Platform Pembayaran)

WhatsApp sebelumnya menjelaskan beberapa sistem ponsel tidak akan dapat mendukung fitur mereka di masa depan. Saat ini mereka telah menambahkan fitur-fitur baru yang memerlukan ponsel yang kuat dari Android dan iOS agar berfungsi dengan baik.

Beberapa adalah fitur seperti pemutaran video langsung dan autentikasi sidik jari  membutuhkan ponsel yang kuat dengan RAM yang cukup serta sistem operasi yang lebih baru.

Dilansir dari Businessleague, Jumat (27/9), WhatsApp mengatakan bahwa pengguna sistem operasi lama tidak dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada.  Halaman FAQ WhatsApp telah mencantumkan ponsel dan sistem operasi yang tidak dapat menggunakan aplikasi setelah Februari 2020.

Menurut cuitan yang diunggah oleh WABetainfo, WhatsApp juga tidak lagi mendukung perangkat yang berjalan di iOS 8 atau lebih rendah. Pengguna masih dapat menggunakan WhatsApp di iOS 8 tetapi tidak dapat memverifikasi akun jika mereka.

“Jika saat ini Anda menggunakan sistem operasi yang lebih lama, kami sarankan untuk meningkatkan ke versi yang lebih baru,” ujar WhatsApp di halaman dukungannya, seperti dikutip Businessleague, Jumat (27/9).

(Baca: Panggilan Video Audio di WhatsApp Bisa Pakai Asisten Virtual Google)

Namun, WhatsApp menjelaskan bahwa keputusannya ini tidak akan mempengaruhi banyak pengguna. Hanya orang-orang yang masih menggunakan ponsel Android dan iPhone lama yang akan terpengaruh.

 “Kami tidak akan lagi aktif mengembangkan sistem operasi ini; beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja,” ujar WhatsApp.

 

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan