Kemnaker Gandeng Jepang Latih Instruktur Kejuruan Otomotif

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
1 Oktober 2019, 13:12
KEMNAKER
Katadata

Bantaeng – Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan dua institusi Jepang untuk meningkatkan kapasitas instruktur dan pengembangan pelatihan mekanik otomotif. Dua institusi tersebut adalah Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Ehime Toyota Motor Corporation (ETMC) Jepang.

Kerja sama pelatihan kerja diadakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bantaeng, Sulawesi Selatan ini berdurasi tiga tahun (September 2019 hingga Agustus 2022).  Sebanyak 48 instruktur kejuruan otomotif BLK  Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP)  dan  Unit Pelaksana Teknis Daerah  (UPTD) dari seluruh Indonesia ikut dalam pelatihan ini.

“Kerja sama ini, salah satu upaya Kemnaker untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Saya yakin dan percaya, melalui kegiatan upgrading terus menerus dan konsisten, maka akan lahir dan tersedia instruktur yang profesional dan berdedikasi tinggi,” kata Dirjen Binalattas Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, di BLK Bantaeng, Senin, 30 September 2019.

Saat ini pertumbuhan industri otomotif cukup baik. Salah satu indikatornya adalah jumlah pekerja baru di pabrik mobil. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, saat ini jumlah pekerja baru di pabrik mobil sekitar 8.000 orang. Adapun total pekerja baru di industri komponen sekitar 25 ribu orang. 

“Kebutuhan tenaga kerja di Industri otomotif sangat besar. Tahun ini, ada 50-70 pabrik komponen baru, dealer, dan bengkel purna jual yang baru berdiri membutuhkan 18 ribu pekerja baru,” kata Bambang. 

Menyikapi hal itu, Kemnaker sebagai salah satu Kementerian yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas dan kompetensi SDM Indonesia, berusaha memenuhi kebutuhan SDM dengan menjalin kerja sama dengan JICA  dan ETMC Jepang. Bentuk kerja sama ini berupa pengembangan pelatihan vokasi kejuruan otomotif dengan standar Toyota Jepang melalui program capacity building for instructors and development of evaluation system of Automotive mechanic training (peningkatan kapasitas instuktur dan pengembangan pelatihan kendaraan mekanik).

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...