Soal Temuan Bom Molotov Dosen IPB, BNPT: Institusi Bisa Disusupi Oknum

Rizky Alika
1 Oktober 2019, 07:16
Kepala BIN Budi Gunawan (kanan) berbincang dengan Kepala BNPT Suhardi Alius (kiri) sebelum mengikuti rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (29/12).
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Kepala BIN Budi Gunawan (kanan) berbincang dengan Kepala BNPT Suhardi Alius (kiri) sebelum mengikuti rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (29/12).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen (Pol) Suhardi Alius merespons soal penangkapan dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) Abdul Basith terkait dugaan kepemilikan bom molotov. Menurutnya, institusi berpeluang disusupi oknum yang terpapar terorisme, kendati hal ini masih akan diselidiki lebih lanjut oleh kepolisian.

"Semua institusi bisa saja ada oknum," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (30/9).

(Baca: Dosen IPB Ditangkap karena Diduga Miliki 29 Bom Molotov)

Namun, BNPT belum mengetahui oknum tersebut bergerak atas nama pribadi atau institusi. Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak langsung mencemarkan nama institusi dari oknum tersebut. Sebab, proses penyelidikan masih berlangsung.

BNPT pun telah memberikan pengarahan ke seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta dengan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya upaya radikalisme dalam perguruan tinggi.

Salah satunya yang kerap disasar oknum yakni mahasiswa baru. Karena itu, BNPT mengarahkan mahasiswa menyelesaikan pendidikan dengan baik dan tepat waktu, agar tidak terpapar oleh ajakan yang keliru.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...