Startup Chatbot, Botika Bakal Rambah Internet of Things Tahun Depan

Cindy Mutia Annur
1 Oktober 2019, 19:49
Startup chatbot,Botika berencana merambah pasar IoT tahun depan.
Instagram/@botikaonline
Co-Founder Botika Eri Kuncoro, Chairman Markplus, dan CEO Botika Ditto Anindita dalam acara IMF 2019. Startup chatbot,Botika berencana merambah pasar IoT tahun depan.

Startup Botika berencana merambah layanan Internet of Things (IoT) tahun depan. Sebab, perusahaan penyedia platform robot percakapan (chatbot) ini memperkirakan teknologi itu bakal masif digunakan di Indonesia pada 2020.

Pendiri sekaligus CEO Botika Ditto Anindita mencatat, layanan IoT berbasis suara (voice) mulai diadopsi oleh banyak perusahaan Indonesia. “Tahun depan kami rambah IoT,” kata dia di Jakarta, Selasa (1/10).

Ia ingin membuat asisten virtual berbasis IoT yang bisa diakses lewat suara. Untuk itu, perusahaannya perlu mempersiapkan beberapa teknologi seperti chatbot yang sesuai, voice, dan platform untuk integrasi dengan IoT.

Ia mencontohkan, klien nantinya bisa meminta asisten virtual berbasis IoT untuk mematikan lampu hanya dengan suara atau tanpa mengetik. “Kami ingin fokus ke arah sana (IoT)," katanya.

(Baca: Startup Chatbot, Halosis Dapat Modal Rp 17 Miliar)

Akhir tahun ini, perusahaan juga berencana merilis layanan pengeras suara (smart speaker) seperti Alexa. Layanan ini nantinya bisa diakses dengan bahasa Indonesia.

Botika berdiri pada September 2016 lalu. Awalnya, startup ini hanya memiliki layanan chatbot untuk pelanggan perusahaan (customer enterprise). Kini, perusahaan rintisan ini memiliki empat layanan.

Pertama, chatbot untuk perusahaan. Kedua, aplikasi Chatbotika yang bisa diperuntukan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ketiga, omni chatbot yang memungkinkan perusahaan menjawab pelanggan secara otomatis di media sosial. Terakhir, voicebot yakni chatbot melalui suara.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...