Ubah Pinjaman Jadi Keuntungan dengan Cara Ini

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
2 Oktober 2019, 16:44
Kredivo
Katadata

Menurut beberapa orang, pinjaman uang dianggap cara yang kurang baik untuk kesehatan keuangan pribadi. Kewajiban membayar cicilan setiap bulannya akan menjadi beban di masa depan. Belum lagi dengan adanya bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hal ini yang membuat orang takut tidak bisa membayar iuran utang. Oleh karena itu, pinjaman terkesan negatif oleh beberapa kalangan tertentu.

Selain itu, ada juga yang sangat terbantu dengan adanya pinjaman. Mereka yang terbantu karena mereka merasa pinjaman uang bisa mengatasi kebutuhan yang mendadak. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan dana yang besar untuk membeli barang atau membayar sesuatu yang tidak bisa

Nah, apalagi kalau kita bisa memaksimalkan utang, bisa untung berlipat ganda lho. Mau tau caranya? Mari simak tips berikut.

Gunakan Utang untuk Modal Usaha

Ini adalah keuntungan utama jika kamu memanfaatkan utang dengan sebaik-baiknya. Dengan menggunakan utang untuk modal usaha, pasti banyak kemungkinan kamu bisa mendapatkan untung berkali-kali lipat. Bunga per bulannya pun tidak terasa jika usaha kamu sudah mulai menghasilkan. Belum lagi bila usaha kamu bisa berkembang, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan. Berarti kamu membantu orang lain untuk mendapatkan penghasilan dan memperbaiki hidup mereka

Utang Hanya untuk Hal Produktif

Sejatinya, utang dibagi menjadi dua, yaitu utang produktif dan utang konsumtif. Bila tidak mau terjebak dalam lingkaran utang atau merasa terbebani dengan bunga yang diberikan, lebih baik kurangi utang konsumtif kamu dan mulai untuk beralih ke utang produktif. Namun sebelum itu, kamu harus tahu perbedaan dua jenis utang ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...