Ubah Pinjaman Jadi Keuntungan dengan Cara Ini

Penulis: Tim Publikasi Katadata

2/10/2019, 16.44 WIB

Pinjaman akan lebih bermanfaat lagi, kalau kita bisa memaksimalkan utang agar bisa untung berlipat ganda. Mau tau caranya? Simak tips berikut.

Kredivo
Katadata

Menurut beberapa orang, pinjaman uang dianggap cara yang kurang baik untuk kesehatan keuangan pribadi. Kewajiban membayar cicilan setiap bulannya akan menjadi beban di masa depan. Belum lagi dengan adanya bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hal ini yang membuat orang takut tidak bisa membayar iuran utang. Oleh karena itu, pinjaman terkesan negatif oleh beberapa kalangan tertentu.

 

Selain itu, ada juga yang sangat terbantu dengan adanya pinjaman. Mereka yang terbantu karena mereka merasa pinjaman uang bisa mengatasi kebutuhan yang mendadak. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan dana yang besar untuk membeli barang atau membayar sesuatu yang tidak bisa

 

Nah, apalagi kalau kita bisa memaksimalkan utang, bisa untung berlipat ganda lho. Mau tau caranya? Mari simak tips berikut.

 

Gunakan Utang untuk Modal Usaha

Ini adalah keuntungan utama jika kamu memanfaatkan utang dengan sebaik-baiknya. Dengan menggunakan utang untuk modal usaha, pasti banyak kemungkinan kamu bisa mendapatkan untung berkali-kali lipat. Bunga per bulannya pun tidak terasa jika usaha kamu sudah mulai menghasilkan. Belum lagi bila usaha kamu bisa berkembang, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan. Berarti kamu membantu orang lain untuk mendapatkan penghasilan dan memperbaiki hidup mereka

 

Utang Hanya untuk Hal Produktif

Sejatinya, utang dibagi menjadi dua, yaitu utang produktif dan utang konsumtif. Bila tidak mau terjebak dalam lingkaran utang atau merasa terbebani dengan bunga yang diberikan, lebih baik kurangi utang konsumtif kamu dan mulai untuk beralih ke utang produktif. Namun sebelum itu, kamu harus tahu perbedaan dua jenis utang ini.

 

Utang konsumtif, pinjaman dana untuk kebutuhan yang nilainya terus menurun dari waktu ke waktu atau bahkan untuk kebutuhan impulsive semata. Misalnya, kamu meminjam dana untuk traveling atau membeli sepatu masa kini dengan harga yang bisa dibilang mahal hanya karena tidak mau ketinggalan trend.

 

Beda 180 derajat dengan utang produktif. Walaupun barang yang dibelikan bisa sama dengan utang konsumtif, tapi penggunaanya yang berbeda. Misalnya, kamu membeli laptop dengan cara meminjam dana untuk keperluan jasa freelance kamu. Atau untuk para pekerja digital yang sehari-harinya berkutat di social media, meminjam dana untuk membeli smartphone yang lebih canggih, bisa dibilang utang produktif, karena tujuannya demi melancarkan pekerjaan mereka atau menjadi sumber penghasilan baru.

 

Pilih Pinjaman Dana dengan Layanan Terbaik

Zaman sekarang, sudah banyak jenis layanan pinjaman dana. Mulai dari jenis yang konvensional seperti bank, sampai pinjaman online yang sedang ramai belakangan ini. Sebagai peminjam, kamu harus pintar-pintar memilih layanan ini.

 

Salah satu yang kami rekomendasi adalah Kredivo. Layanan pinjaman dana dan cicilan online yang diberikan bisa kamu manfaatkan untuk berbagai macam hal. Kamu mau meminjam untuk modal usaha? Ada layanan pinjaman mini dan pinjaman jumbo dengan limit mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 30 juta. Atau kamu mau mencicil laptop untuk menunjang jasa freelance kamu? Kredivo melayani kredit tanpa kartu di lebih dari 250 e-commerce di Indonesia.

 

Bunganya juga rendah, hanya 2,95% per bulan dengan tenor mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, sampai dengan 12 bulan. Prosesnya juga serba cepat, hanya bermodalkan aplikasi dalam smartphone, kamu bisa mendapatkan pinjaman dalam hitungan jam, bahkan menit. Menarik bukan?

 

Namun, sah-sah saja jika kamu meminjam dana untuk kebutuhan konsumtif atau demi memenuhi hasrat keimpulsifan, karena semua jenis bisa menguntungkan dengan cara memanfaatkan barang atau kebutuhan yang kamu beli. Niatkan semua yang kamu dapatkan dari hasil pinjaman, setidaknya menunjang pekerjaan kamu atau menjadi aset yang menguntungkan bila dijual lagi.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha