Banyak Pejabat BUMN Terjerat Kasus Korupsi, Ini Pembelaan Menteri Rini

Dimas Jarot Bayu
3 Oktober 2019, 21:49
Rini Soemarno soal Dirut BUMN Korupsi, Dirut BUMN ditangkap KPK
Arief Kamaludin|Katadata
Menteri Rini Soemarno

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno angkat bicara terkait banyaknya pejabat BUMN yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran terlibat kasus korupsi. Ia berharap hal itu tidak membuat masyarakat memandang buruk perusahaan pelat merah.

"Harap dilihat itu adalah urusan perorangan," kata Rini di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/10). Ia pun menyatakan sudah berupaya untuk membersihkan BUMN dari pejabat korup.

Rini mengatakan pihaknya telah berupaya menyaring para pejabat BUMN yang berintegritas. Kementerian BUMN juga selalu meminta agar para pejabat perusahaan pelat merah bekerja secara transparan.

(Baca: Ekonom Ungkap Modus Korupsi di Bank BUMN, Ada Bank Swasta Dibantu)

Pengawasan terhadap kerja para pejabat korporasi negara juga terus dilakukan. "Ada programnya, ada sistemnya, ada internal auditnya, dewan komisarisnya juga mempunyai fungsinya," kata Rini.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan KPK untuk membuat aturan pencegahan korupsi di sektor BUMN. Kementerian BUMN juga telah memberikan sanksi tegas kepada para pejabat BUMN yang melakukan korupsi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...