Hengkang Bulan Ini, Berikut Hubungan Pepsi, Indofood dan KFC

Pingit Aria
3 Oktober 2019, 20:39
Ilustrasi minuman Pepsi yang diedarkan di pasar Indonesia.
TWITTER @ID_Pepsi
Ilustrasi minuman Pepsi yang diedarkan di pasar Indonesia.

Dalam hitungan hari, minuman bersoda asal Amerika Serikat, Pepsi, bakal hilang di pasaran Indonesia. Sebabnya, kontrak produksi, penjualan, dan distribusi antara PepsiCo dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) segera berakhir.

"Efektif mulai 10 Oktober 2019, AIBM tidak akan memproduksi, menjual, atau mendistribusikan produk PepsiCo," kata Juru bicara PepsiCo, Rabu (2/10).

Advertisement

Pepsi sendiri resmi menjadi merek dagang yang eksis sejak 1903. Pepsi lahir dari tangan seorang ahli farmasi, Caleb Bradham.

AIBM adalah anak usaha dari Indofood CBP Sukses Makmur milik Grup Salim. Dalam laporan keuangan emiten berkode ICBP ini per Juni 2019, disebutkan bahwa AIBM dan IASB atau PT Indofood Asahi Sukses Beverage mengakuisisi PT Prima Cahaya Indobeverages (PCIB).

(Baca: Pepsi dan Coca-Cola, dari Perang Hingga Kompak Rambah Bisnis Baru)

Saat penyelesaian transaksi akuisisi tersebut pada 12 September 2013, melalui Exclusive Bottling Agreement (EBA), Indofood Asahi diberikan hak oleh PepsiCo Inc. dan perusahaan afiliasinya untuk memproduksi, menjual dan mendistribusikan secara eksklusif produk minuman non-alkohol mereka di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement