Cara Cerdas Memaksimalkan Layanan Fintech

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
4 Oktober 2019, 06:05
Kredivo
Katadata

Fintech atau financial technology merupakan terobosan teknologi keuangan yang akhir-akhir ini sangat populer di Indonesia. Setidaknya, ada beberapa layanan fintech yang tumbuh di industri keuangan digital dan populer:

 

Pertama, peer to peer (P2P ) lending dan fintech lending yang terkenal sebagai layanan kredit dan pinjaman uang tunai yang dilakukan secara online, tanpa harus datang ke kantor tersebut. Ada perbedaan antara fintech dan P2P lending. Layangan P2P lending menghubungkan peminjam dengan pencari pinjaman. Sedangkan fintech lending tidak menghubungkan peminjam, hanya menyediakan jasa kredit atau pinjaman tunai kepada calon peminjam. Contohnya Kredivo.

Kedua, crowdfunding atau layanan yang bersifat nonprofit yang biasa digunakan untuk penggalangan dana. Ketiga, dompet digital atau layanan pembayaran tanpa cash maupun kartu. Keempat, market aggregator atau perkumpulan dari berbagai layanan keuangan online. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna dapat memilih layanan keuangan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan, contohnya cermati.com. Kelima, investasi online, yaitu platform di mana kita bisa menginvestasikan uang kita untuk keperluan di masa yang akan datang, secara online tanpa harus datang ke kantor lembaga tersebut.

Kemudahan, fleksibilitas, serta efisiensi dari berbagai macam jenis inilah yang membuat banyak orang yang tertarik menggunakan jasanya. Namun, tahukah kamu kalau layanan ini bisa dimaksimalkan lagi? Bahkan dengan trik yang akan kami sarankan, bisa menambah pundi-pundi pendapatan kamu.

Mengalihkan Semua Transaksi Keuangan ke Fintech

Salah satu fungsi utama fintech adalah memudahkan berbagai transaksi keuangan. Jadi, jika ingin memaksimalkan penggunaan teknologi ini, gunakan layanan fintech dalam berbagai kegiatan finansial yang rutin dilakukan, seperti pembayaran internet, pembayaran PLN, transfer dana hingga pembayaran makanan di resto sudah bisa menggunakan layanan fintech.

Dengan demikian kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke lembaga keuangan atau membawa uang berlebihan. Cukup dengan memanfaatkan smartphone atau laptop, semua transaksi bisa dilakukan kapan pun dan di manapun dengan sangat mudah. Ditambah banyak  promo pembayaran online yang menanti kamu, lho.

Selain itu, bila kamu mengalihkan semua transaksi keuangan ke platform ini, kamu nggak perlu khawatir bila sedang pergi tetapi tidak membawa dompet. Karena transaksi apapun bahkan mengambil uang di ATM pun bisa menggunakan smartphone.

 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...