Cara Cerdas Memaksimalkan Layanan Fintech

Penulis: Tim Publikasi Katadata

4/10/2019, 06.05 WIB

Fintech atau financial technology merupakan terobosan teknologi keuangan yang akhir-akhir ini sangat populer di Indonesia.

Kredivo
Katadata

Fintech atau financial technology merupakan terobosan teknologi keuangan yang akhir-akhir ini sangat populer di Indonesia. Setidaknya, ada beberapa layanan fintech yang tumbuh di industri keuangan digital dan populer:

 

Pertama, peer to peer (P2P ) lending dan fintech lending yang terkenal sebagai layanan kredit dan pinjaman uang tunai yang dilakukan secara online, tanpa harus datang ke kantor tersebut. Ada perbedaan antara fintech dan P2P lending. Layangan P2P lending menghubungkan peminjam dengan pencari pinjaman. Sedangkan fintech lending tidak menghubungkan peminjam, hanya menyediakan jasa kredit atau pinjaman tunai kepada calon peminjam. Contohnya Kredivo.

 

Kedua, crowdfunding atau layanan yang bersifat nonprofit yang biasa digunakan untuk penggalangan dana. Ketiga, dompet digital atau layanan pembayaran tanpa cash maupun kartu. Keempat, market aggregator atau perkumpulan dari berbagai layanan keuangan online. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna dapat memilih layanan keuangan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan, contohnya cermati.com. Kelima, investasi online, yaitu platform di mana kita bisa menginvestasikan uang kita untuk keperluan di masa yang akan datang, secara online tanpa harus datang ke kantor lembaga tersebut.

 

Kemudahan, fleksibilitas, serta efisiensi dari berbagai macam jenis inilah yang membuat banyak orang yang tertarik menggunakan jasanya. Namun, tahukah kamu kalau layanan ini bisa dimaksimalkan lagi? Bahkan dengan trik yang akan kami sarankan, bisa menambah pundi-pundi pendapatan kamu.

 

Mengalihkan Semua Transaksi Keuangan ke Fintech

Salah satu fungsi utama fintech adalah memudahkan berbagai transaksi keuangan. Jadi, jika ingin memaksimalkan penggunaan teknologi ini, gunakan layanan fintech dalam berbagai kegiatan finansial yang rutin dilakukan, seperti pembayaran internet, pembayaran PLN, transfer dana hingga pembayaran makanan di resto sudah bisa menggunakan layanan fintech.

 

Dengan demikian kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke lembaga keuangan atau membawa uang berlebihan. Cukup dengan memanfaatkan smartphone atau laptop, semua transaksi bisa dilakukan kapan pun dan di manapun dengan sangat mudah. Ditambah banyak  promo pembayaran online yang menanti kamu, lho.

 

Selain itu, bila kamu mengalihkan semua transaksi keuangan ke platform ini, kamu nggak perlu khawatir bila sedang pergi tetapi tidak membawa dompet. Karena transaksi apapun bahkan mengambil uang di ATM pun bisa menggunakan smartphone.

 

Memudahkan banyak urusan kamu, bukan?

 

Memanfaatkan Fintech untuk Mendapat Modal Usaha

Dalam soal pinjaman dana, fintech berbeda dengan lembaga keuangan konvensional. Platform ini cenderung lebih mudah dan tidak ribet. Namun tentu saja pinjaman, untuk mendapatkan modal usaha harus legal, dan aman

 

Sebelum menggunakan layanan fintech Indonesia untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, lakukanlah survei terlebih dahulu kepada beberapa perusahaan fintech. Pilih yang tepat, tepercaya, dan aman agar teknologi ini bisa dimanfaatkan secara maksimal dan mendatangkan keuntungan.

 

Kredivo contoh fintech yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat modal usaha. Bermodalkan smartphone, KTP dan menghubungkan akun internet banking, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana hingga Rp 30 juta. Bunganya pun bersaing dengan bunga bank konvensional, hanya 2,95 persen per bulannya.

 

Selain itu, Kredivo juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu tidak perlu khawatir data yang Kredivo terima akan bocor atau dimanfaatkan untuk hal yang negatif.

 

Fintech untuk Memaksimalkan Layanan kepada Konsumen

Ini berlaku untuk pemilik usaha atau bisnis, layanan fintech bisa digunakan sebagai layanan terhadap konsumen. Kemudahan yang ditawarkan seperti pay later atau kredit online, tentu akan membuat konsumen senang sehingga tidak menutup kemungkinan bisnis atau usaha yang sedang dijalani bisa berkembang menjadi lebih besar lagi.

 

Nah, banyak sekali bukan cara untuk memaksimalkan layanan fintech? Kamu sudah siap untuk mencobanya?

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha