Film Joker Penuh Kontroversi, Polisi AS Tingkatkan Keamanan

Image title
5 Oktober 2019, 14:12
Film Joker
TWITTER @jokermovie
Poster film Joker pada saat pemutaran perdana di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada 29 September 2019. FIlm Joker menjadi kontrovesi di AS hingga polisi setempat meningkatkan keamanan.

Polisi di kota-kota utama Amerika Serikat (AS) meningkatkan keamanan seiring dimulainya penayangan film "Joker" pada Kamis (4/10). Film tersebut dikhawatirkan bakal meningkatkan perilaku kekerasan.

Film "Joker" yang diangkat dari komik Batman dibintangi oleh Joaquin Phoenix. Pengamat film menyebut Joaquin sebagai aktor brilian yang menunjukkan perfoma luar biasa dalam perannya sebagai Joker, seorang penyendiri yang gemar melakukan aksi-aksi kekerasan demi ketenaran.

Biarpun begitu, tokoh Jahat dari DC Comic tersebutmenjadi kontroversi dan dikaitkan dengan penembakan massal pada 2012 di gedung bioskop Aurora, Colorado saat pemutaran film Batman "The Dark Knight Rises". Keluarga korban menyatakan kekhawatirannya terhadap film "Joker" yang tidak akan ditayangkan di Bioskop Aurora.

Petugas polisi bahkan menggunakan helm dan membawa senapan saat berjaga di pemutaran film "Joker" di New York Film Festival pada Rabu (2/10) malam waktu setempat. Penonton pun harus melewati pemeriksaan tas dan anjing K9 turut berjaga.

Polisi di New York, Los Angeles, dan Chicago menyatakan tak ada ancaman spesifik. Namun mereka tetap menambah petugas keamanan untuk memantau bioskop yang menayangkan film "Joker".

Website Hollywood, Deadline, melaporkan beberapa petugas keamanan menyawar di dalam gedung bioskop. Namun New York Police Departement (NYPD) belum mengonfirmasi laporan tersebut.

(Baca: Joaquin Phoenix, Heath Ledger dan Pemeran Joker Terpopuler Lainnya)

Salah seorang penonton, Charles Kiwacs mengatakan penembakan di Bioskop Aurora merupakan kejadian yang terisolasi. "Saya pikir tidak perlu ada ketakutan. Saya rasa itu kebalikannya, orang-orang ingin pergi keluar dan menunjukkan film tersebut bisa menjadi hanya sebuah film,"ujar Charles yang juga pembawa acara dan produser podcast seperti dilansir dari Reuters pada Sabtu (5/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...