Kepala BKPM Proyeksi Shortfall Pajak Tahun Ini Capai Rp 200 Triliun

Agatha Olivia Victoria
7 Oktober 2019, 21:45
pajak, penerimaan pajak, apbn 2019
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi. Pemerintah menargetkan penerimaan pajak dalam APBN 2019 mencapai Rp 1.577,56 triliun.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyebut penerimaan pajak pada tahun ini akan berada di bawah target dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 1.577,56 triliun. 

"Kondisi APBN cukup ketat. Jadi, per hari ini kelihatannya outlook APBN 2019 itu kita mungkin meleset dari target penerimaan pajak sampai kehilangan Rp 200 triliun," kata Thomas saat ditemui di Gedung BKPM, Jakarta, Senin (7/10).

Ia menjelaskan penerimaan pajak akan sulit tercapai akibat kondisi ekonomi global yang tak menentu. Oleh karena itu, menurut dia, pemerintah berupaya agar pembangunan proyek-proyek infrastruktur lepas dari APBN. 

"Target penerimaan pajak cukup jauh dan sulit. Jadi kita harus kerja ekstra keras untuk menggandeng modal dari swasta. Terutama untuk mendanai program infrastruktur ke depannya," kata dia.

(Baca: Google Harap Pemerintah Buat Aturan Cerdas soal Pajak Digital)

Di sisi lain, Thomas menyebut perilaku petugas pajak saat ini cukup menghambat investasi . Menurut dia, banyak keluhan dari para investor yang mengatakan bahwa para petugas pajak seringkali meminta perusahaan atau investor untuk membayar pajak terlebih dahulu tanpa kompromi.  

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...