Pemerintah Percepat Produksi Blok Sakakemang untuk Tambah Pasokan Gas

Image title
7 Oktober 2019, 22:33
Blok Sakakemang, ESDM, Repsol.
Katadata
Ilustrasi fasilitas migas. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar (7/10) mengatakan pemerintah mempercepat produksi Blok Sakakemang guna meningkatkan pasokan gas RI.

 Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan pemerintah mempercepat produksi Blok Sakakemang guna meningkatkan pasokan gas RI.

Arcandra menyebut strategi berbagi fasilitas dengan Blok Corridor akan digunakan untuk mempercepat produksi Blok Sakakemang. Nantinya pipa yang digunakan Blok Corridor dapat mengalirkan gas Blok Sakakemang.

Advertisement

Pemerintah juga menyetujui sertifikasi cadangan gas Blok Sakakemang dilakukan secara bertahap oleh Repsol. Saat ini angka yang diajukan ke Lemigas mencapai 1 triliun kaki kubik (tcf). Arcandra menargetkan, sertifikasi bakal rampung tahun ini.

Apabila proses berjalan lancar, maka blok ini akan berproduksi 2021 mendatang, lebih cepat setahun dari target Repsol.  “Tapi konsorsium Corridor itu harus bicara Repsol karena akan sharing fasilitas. Karena paling tidak 2 TCF (potensi cadangan gas terbuktinya)," ujar Arcandra di Gedung Kementerian ESM, Senin (7/10).

(Baca: Percepat Produksi, Repsol Ajukan Sertifikasi Blok Sakakemang 1 TCF)

Sebelumnya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto menyatakan Repsol hanya mengajukan sertifikasi cadangan sebesar 1 tcf dari potensi cadangan terbukti 2 tcf.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement