Dukungan Pemakzulan Trump Menguat di Kalangan Pemilih Demokrat

Martha Ruth Thertina
9 Oktober 2019, 09:31
Pemakzulan Trump, Donald Trump
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Presiden AS Donald Trump

Berdasarkan hasil survei opini publik Reuters yang terkini, mayoritas pendukung partai Demokrat menginginkan pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Meskipun, langkah tersebut bisa melemahkan peluang partai tersebut dalam memenangkan Pemilu 2020.

Reuters melakukan wawancara secara online terhadap 1.118 sample yang merupakan orang dewasa berusia di atas 18 tahun yang berasal dari benua AS, alaska, dan Hawai. Responden ini terdiri dari 876 pemilih yang terdaftar, sedangkan jumlah pemilih demokrat sebanyak 454 orang, Republik 457 orang, dan independen 113 orang.

Komposisi sample sudah diuji untuk memastikan bahwa komposisi tersebut mencerminkan populasi.Adapun wawancara dilakukan pada 7-8 Oktober 2019. Interval kredibilitas survei ini yaitu sekitar 5,2% untuk pendukung Demokrat, 5,2% untuk pendukung Republik, dan 10,5% untuk pemilih independen.

Secara keseluruhan, survei tersebut menemukan bahwa dukungan untuk pemakzulan Trump mencapai 45%, tidak berubah sejak survei akhir pekan lalu. Tapi, jumlah yang menolak pemakzulan turun 2% dari pekan lalu menjadi 39%.

(Baca: Transkrip Pembicaraan Dirilis, Trump dan Presiden Ukraina Disorot)

Di antara mereka yang teridentifikasi sebagai pendukung Demokrat, 79% menyatakan Trump harus dimakzulkan, naik 5% dari hasil survei pada akhir September lalu. Di sisi lain, hanya 12% pendukung Republik mendukung pemakzulan, atau sekitar 1 dari 3 orang, tidak berubah dari survei pada pekan lalu.

Adapun 55% pendukung Demokrat menilai pemimpin partai mereka harus mendorong pemakzulan Trump meskipun prosesnya panjang dan mahal hingga bisa melemahkan peluang mereka untuk memenangkan kursi presiden di 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...