Ekspansi ke Aceh, Japfa Bangun Pabrik Penetasan Telur

Image title
Oleh Ekarina
9 Oktober 2019, 16:43
Telur ayam negri di peternakan Ayam bertelur di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat (16/12). Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018, harga kebutuhan pokok seperti telur kini mulai tercatat naik. Kenaikan harga telur mencapai Rp 4 ribu per k
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Telur ayam negri di peternakan Ayam bertelur di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat (16/12). Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018, harga kebutuhan pokok seperti telur kini mulai tercatat naik. Kenaikan harga telur mencapai Rp 4 ribu per kilogram (kg) dari harga acuan telur di tingkat konsumen yaitu Rp 23 ribu per kg.

Perusahaaan pakan ternak dan perunggasan, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) melalui anak usahanya, PT Indojaya Agrinusa ekspansi pasar ke 
Aceh. Ekspansi dilakukan dengan membangun pabrik penetasan telur  ayam (hatchery) dan teaching farm

Japfa akan membangun pabrik penetasan telur di atas lahan seluas 6,2 hektar di desa Seulimeum, Aceh Besar. Pembangunan hatchery ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang terus meningkat di wilayah Aceh dan sekitarnya.

Advertisement

"Hal ini diharapkan membantu peternak lokal dalam penyediaan anak ayam broiler dan mendukung penyediaan pasokan protein hewani bagi masyarakat," kata Head of Feed Operation Unit Medan & Padang Indojaya Agrinusa, Anwar Tandiono dalam keterangan resmi, Rabu (9/10).

(Baca: Japfa Resmikan Pabrik Pakan Rp 600 Miliar di Sumatera Utara)

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, mengungkapkankeberadaan pabrik hatchery di wilayah itu diharapkan membantu penyediaan  lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar Seulimeum.  Japfa akan menyerap 94% dari jumlah kebutuhan pekerjanya dari daerah tersebut.

Selain hatchery, Japfa juga resmikan fasilitas penelitian teaching farm hasil kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH). 

Adapun pada fasilitas penelitian tersebut, perusahaan akan membangun 3 unit kandang, berupa commercial farm closed house berkapasitas 10.000 ekor, commercial farm open house panggung berkapasitas 5.500 ekor, dan
commercial farm open house postal berkapasitas 4.500 ekor.

Masing-masing kandang bakal berukuran 8x70 meter dan sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung ternak berupa tempat pakan, tempat minum, kipas angin, blower, dan mesin penghangat ayam (Gasolek).

Perusahaan terus menggencarkan ekspansi ke luar Jawa. Sebelumnya, perusahaan tercatat meresmikan pabrik pakan ternak di di Kawasan Industri Modern 4, Deli Serdang, Sumatera Utara senilai Rp 600 miliar.

Pabrik baru Indojaya merupakan perluasan dari pabrik sebelumnya yang berlokasi di Tanjung Morawa, Deli Serdang.

Setelah beroperasi, pabrik ini akan memasok kebutuhan pasokan pakan ternak di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Pekan Baru dan Kepulauan Riau.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement