Harga Saham Waskita Beton Terus Merosot, Bagaimana Prospek ke Depan?

Image title
9 Oktober 2019, 14:09
Waskita Beton, WSBP, Waskita Karya, WSKT
Katadata
Produk spun pile Waskita Beton Precast (WSBP)

Harga saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) terus merosot. Sejak awal tahun hingga saat berita ini ditulis (year to date/ytd), harga saham anak usaha Waskita Karya (WSKT) ini telah turun 14,89% ke level Rp 320. Sebelumnya, harga saham WSBP pernah anjlok ke kisaran ini pada November tahun lalu.

Harga saham WSBP merosot sejak pertengahan Juli atau semakin merosot setelah dirilisnya kinerja semester I. Laba bersih perusahaan tercatat Rp 376,73 miliar, anjlok 45,45% dibandingkan periode sama tahun lalu. Di sisi lain, perolehan kontrak baru hanya sekitar Rp 3 triliun, 30% dari target yang sebesar Rp 10 triliun.

Lantas, bagaimana prospek bisnis dan saham WSBP? Direktur Riset dan Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai saham WSBP cukup bagus. Sebab, bisnisnya masih akan terus tumbuh, ditopang proyek infrastruktur.

(Baca: Banyak Proyek Pembangunan, Waskita Sebut Rasio Utang Masih Wajar )

Ia mengatakan, pada lima tahun sebelumnya, pemerintahan Presiden Jokowi fokus untuk membangun infrastruktur. Pada periode kedua, infrastruktur masih menjadi prioritas meski bukan yang pertama. Prioritas pertama yaitu pada kesehatan dan sumber daya manusia.

“Selama masih ada proyek infrastruktur, emiten yang berbau infrastruktur masih akan berkembang,” ujar dia kepada Katadata.co.id, Selasa (9/10). Tertekannya laporan keuangan emiten infrastruktur dinilainya hanya soal waktu pembayaran proyek oleh pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...