Investor Asal India, Sequoia Ungkap Potensi Bisnis Kopi Kenangan

Desy Setyowati
9 Oktober 2019, 15:29
Investor asal India, Sequoia ungkap potensi bisnis Kopi Kenangan
Instagram/@kopikenangan.id
Ilustrasi. Kopi Kenangan berbagi tiga strategi bisnis. Investor asal India, Sequoia ungkap potensi bisnis Kopi Kenangan.

Sequoia India menanamkan modal US$ 20 juta atau sekitar Rp 288 miliar di Kopi Kenangan pada Juni lalu. Investor asal India itu mengatakan bisnis kafe dengan konsep grab and go potensial.

Director Surge di Sequoia Capital India Rajan Anandan mengatakan, mayoritas masyarakat Indonesia menyukai kopi. Berdasarkan fakta itu saja, ia menilai bisnis ini potensial.

Di satu sisi, Kopi Kenangan mengadopsi teknologi. Salah satunya dengan merilis aplikasi. Sedangkan di Indonesia ada sekitar 171,2 juta pengguna internet. “Banyak perusahaan saat ini menggunakan teknologi dan tetap mempertahankan produk (bisnis intinya),” kata dia di sela-sela acara Tech in Asia di JCC, Jakarta, Rabu (9/10).

Adopsi teknologi bahkan meluas di banyak bidang. Properti misalnya, ada startup Bobobox dan OYO yang mengadopsi teknologi dalam menyediakan layanan. Lalu, muncul startup asuransi berbasis digital (insurtech). Di bidang transportasi ada Gojek dan Grab.

Selain itu, menurutnya hal utama yang perlu diperhatikan adalah membangun merek (brand). “Sama seperti Kopi Kenangan, ada pengaruh teknologi untuk membangun merek ke konsumen. Itu dibangun di India, Singapura, dan juga Indonesia,” kata dia.

(Baca: Usung Konsep Grab and Go, Kopi Kenangan Jual 2 Juta Kopi per Bulan)

Dengan konsep grab and go, konsumen bisa memesan kopi melalui aplikasi dan mengambil pesanannya tanpa perlu mengantre. Model pelayanan seperti ini cocok untuk konsumen di perkotaan, yang sering menghadapi kemacetan.

Kopi Kenangan pun meluncurkan aplikasi pada April lalu. Dengan begitu, konsumen bisa memesan kopi tanpa perlu antre. Layanan seperti ini juga disediakan oleh pesaingnya, yakni Fore Coffee.

Kini, Kopi Kenangan telah menjual 2 juta gelas kopi dan memiliki 131 gerai di beberapa kota besar Indonesia. “Kami melayai hampir 2 juta gelas kopi setiap bulannya,” kata CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata, beberapa waktu lalu (1/10).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...