PGN Gelar Kompetisi Startup Sektor Energi di Empat Kota

Image title
9 Oktober 2019, 18:08
PGN, Startup
PGN
Direktur Komersial PGN Dilo Seno Widagdo dalam acara pembukaan PGN Energy Startup Competition 2019 pada Selasa (8/10). Kompetisi tersebut bertujuan mencari usaha rintisan yang dapat mendukung ketahanan energi dan pengembangan energi terbarukan.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama dengan Innovesia menggelar PGN Energy Startup Competition 2019. Kegiatan yang pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia ini mengambil tema "Inovasi Gas dan Energi Terbarukan".

Direktur Komersial Dilo Seno Widagdo mengatakan kompetisi tersebut dibuat untuk mendorong munculnya startup dan inovator teknologi di sektor energi, khususnya yang berkaitan dengan gas bumi dan energi ramah lingkungan (green energy).

Advertisement

"Sektor energi sangat strategis bagi perekonomian dan kemajuan sebuah negara. Karena itu munculnya startup-startup di bidang energi akan sangat penting bagi upaya penguatan ketahanan energi Indonesia. Itulah salah satu tujuan diselenggarakannya kompetisi ini," kata Dilo dalam keterangan tertulis pada Rabu (9/10).

Sebagai rangkaian kegiatan, PGN Energy Startup Competitions 2019 akan menggelar kunjungan ke empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Selanjutnya digelar bootcamp di Megamendung, Bogor yang diikuti Pitching Day di Jakarta.

"PGN akan terus melakukan inovasi untuk mendukung terwujudnya kemandirian dan ketahanan energi nasional melalui pemanfaatan gas bumi yang terbukti efisien, ramah lingkungan dan aman," ujar Dilo.

(Baca: PGN Gandeng PTPP Bangun 500 Ribu Jaringan Gas Rumah Tangga)

Business Development PGN Zulvikar Sani Putra menjelaskan, kompetisi tersebut merupakan program open innovation untuk mengkurasi pengembang usaha teknologi rintisan dan pemilik ide/solusi. Dalam acara ini, PGN bermitra dengan publik, instansi pemerintah, unit-unit bisnis, perusahaan induk, asosiasi, akademik, startup, developer, dan komunitas.

"Pada kompetisi ini peserta diberi tantangan bagaimana PGN bersama startup bisa mengembangkan energi ramah lingkungan yang berkelanjutan, memaksimalkan penggunaan gas untuk komersial, dan mengoptimalkan penggunaan energi di dalam rumah tangga," ujar Zulvikar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement