Peringkat Daya Saing Indonesia Turun, Makin Tertinggal dari Malaysia

Agustiyanti
10 Oktober 2019, 13:56
daya saing, indonesia, pertumbuhan ekonomi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Peringkat daya saing Indonesia makin tertinggal dari tiga negara ASEAN lainnya, yakni Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Peringkat daya saing Indonesia dalam laporan Global Competitiveness Index (GCI) 2019 yang baru dirilis World Economic Forum (WEF) turun ke posisi 50 dari posisi 45 pada tahun lalu. Tak hanya penurunan peringkat, skor daya saing Indonesia juga turun meski tipis 0,3 poin ke posisi 64,6. 

Berdasarkan daftar tersebut, Indonesia makin tertinggal jauh dari Singapura yang menempati posisi pertama. Demikian pula dari Malaysia dan Thailand yang sebenarnya juga turun masing-masing dua peringkat tetapi mash diposisi 27 dan 40.

Berbeda dengan Indonesia yang mengalami penurunan skor daya saing, skor kedua negara masih mengalami peningkatan meski turun peringkat.

Meski masing tertinggal dari Indonesia, Vietnam mengalami kenaikan peringkat daya saing hingga 10 peringkat ke posisi 60. Salah satu yang tertinggi dari 141 negara yang diperingkat.

(Baca: Bank Dunia Proyeksikan Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Makin Melambat)

WEF dalam laporannya menyebut skor daya saing Indonesia sebenarnya tak banyak berubah. Lembaga itu juga menilai Indonesia memiliki kekuatan pada pasar dan stabilitas makro ekonomi.

Meski demikian, peringkat Indonesia terkait stabilitas makro turun dari sebelumnya 51 menjadi ke peringkat 54.

Pembangunan infrastruktur yang masif juga tak berhasil mengangkat peringkat daya saing Indonesia terkait infrastruktur yang justru turun tahun ini dari posisi 71 tahun lalu menjadi 72.

Meski demikian lembaga itu mencatat Indonesia memiliki budaya bisnis yang baik dengan skor Indonesia, menurut WEF, masih memiliki ruang perbaikan yang dapat menaikkan sekitar skor daya saing sebesar 30-40 poin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...