SKK Migas Sebut Ada Potensi 7,5 Miliar Barel Minyak Siap Dieksplorasi

Image title
10 Oktober 2019, 14:33
Dwi Soetjipto, SKK Migas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dwi Soetjipto selaku Kepala SKK Migas memberikan paparan dalam acara Sarasehan Migas Nasional ke dua dengan tema "Tren Terkini, Peluang dan Terobosan Industri Migas Indonesia Akses Pendanaan Bagi Industri Hulu Migas Indonesia" di Wisma Utama, Jakarta (10/10). Dwi menyebut masih ada potensi cadangan minyak yang cukup besar di Indonesia.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebut Indonesia memiliki potensi minyak sebesar 7,5 miliar barel yang belum tersentuh. Pasalnya kegiatan eksplorasi masih sedikit.

Dari 128 cekungan di Indonesia, hanya 54 cekungan yang sudah dieksplorasi. "Dari 74 cekungan belum tersentuh, ada potensi minyak 7,5 miliar barel. Jadi masih ada di dalam sana potensi sangat besar," kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam diskusi Sarahsehan Migas kedua ASPERMIGAS, Kamis (10/10).

Dwi mengatakan jika potensi cadangan minyak tersebut bisa diproduksi, maka Indonesia bisa kembali ke masa keemasan produksi migas. Indonesia mulai mengalami penurunan produksi migas sejak era 90-an.

Di sisi lain dirinya juga memproyeksikan peningkatan produksi migas dalam negeri akan membaik pada lima tahun mendatang. Pasalnya, pihaknya terus berupaya untuk bisa menahan decline atau penurunan produksi secara alamiah dengan kegiatan eksplorasi dan pemanfaatan teknologi lanjutan (enhanced oil recovery/EOR) secara masif.

"EOR kami harapkan bisa langsung berpangaruh pada 2023 dan kemudian eksplorasi," ujar Dwi.

(Baca: SKK Migas Prediksi Potensi Cadangan Gas Blok Mahakam Masih Ada 10 TCF)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...