Luhut Sebut AS Siap Kucurkan Dana Rp 1,4 Triliun di Indonesia

Rizky Alika
11 Oktober 2019, 19:47
Luhut Binsar Panjaitan, Investasi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia. Luhut menyatakan Amerika Serikat bakal menanamkan dana Rp 1,4 tirliun di Indonesia.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Amerika Serikat (AS) siap menanamkan dana senilai US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun (kurs Rp 14 ribu per dolar AS) di Indonesia. AS bakal berinvestasi melalui Overseas Private Investment Corporation (Opic).

OPIC merupakan lembaga keuangan pembangunan pemerintah Amerika Serikat. OPIC tercatat memiliki dana hingga US$ 65 miliar.

Luhut mengatakan, ia telah berkomunikasi dengan Penasehat Senior Presiden AS Jared Kushner saat kunjungannya ke Negeri Paman Sam beberapa waktu yang lalu terkait rencana OPIC di Indonesia. "Saya sampaikan kepada Kushner kalau serius, bisa datang," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Kamis (11/10).

Pemerintah akan memaparkan rencana strategi dan menawarkan proyek yang bisa didukung oleh OPIC. Proyek tersebut terdiri dari infrastruktur, hilirisasi, dan transportasi.

(Baca: Daya Saing RI Turun, Luhut Sebut Akibat Ketidakpastian Ekonomi Global)

OPIC, lanjut Luhut, akan datang ke Indonesia pada 21 Oktober mendatang. Dalam kunjungan tersebut, pemerintah akan mengajak OPIC untuk melihat langsung proyek yang disasar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...