Pantau Pengeluaran Selama Sebulan Lewat GoPay Diary

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
11 Oktober 2019, 16:42
Gopay Diary
Katadata

Google, Temasek, dan Bain memperkirakan, nilai transaksi (gross merchandise value/GMV) atas layanan berbasis digital di wilayah rural dan kota kecil (beyond metros) Indonesia tumbuh lima kali lipat sepanjang 2019-2025. Pertumbuhan itu lebih tinggi ketimbang transaksi di wilayah rural dan kota kecil se-Asia Tenggara yang sebesar empat kali lipat. Bahkan, lebih tinggi ketimbang perkotaan yang hanya dua kali lipat.

Sementara Morgan Stanley memperkirakan transaksi pembayaran digital di Indonesia berpotensi mencapai US$ 50 miliar pada 2027. Dalam risetnya yang melibatkan 1.582 responden di awal tahun 2019 ini, sebanyak 20% responden memilih menggunakan pembayaran digital dari perusahaan fintech dibanding dengan bank, perusahaan telekomunikasi atau e-commerce. Adapun menurut survei yang sama, rata-rata transaksi melalui pembayaran digital di Indonesia mencapai Rp 600 ribu per bulan.

Popularitas pembayaran digital ini mendorong adanya fenomena transaksi tanpa uang tunai (cashless) yang kian memudahkan kebutuhan masyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi khawatir jika tak memiliki uang cash di dompet. Untuk membeli makanan, pulsa, transportasi hingga beramal, semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi fintech.

GoPay, sebagai fintech paling populer di Indonesia, menjadi salah satu pilihan pembayaran non-tunai. Sebagai bagian dari ekosistem Gojek, sekitar 50% transaksi di aplikasi Gojek sudah menggunakan GoPay. Sedangkan transaksi di luar ekosistem Gojek tumbuh 25 kali sejak aplikasi ini diperkenalkan pertama kali.

Tingginya frekuensi penggunaan GoPay di pengguna setia, mendorong GoPay mengeluarkan fitur terbaru bernama GoPay Diary. Fitur ini berupa catatan pengeluaran pengguna GoPay selama sebulan yang akan diterima melalui email. Selain itu, fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mengatur dan memantau pengeluaran setiap bulannya.

Menurut Head of Corporate Communications GoPay, Winny Triswandhani, dengan GoPay Diary pengguna bisa melihat total transaksi untuk transportasi, makanan melalui GoFood dan rekan usaha GoPay, pulsa, serta berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya. Data pengeluaran ini selanjutnya bisa dimanfaatkan pengguna merencanakan pengeluaran di bulan berikutnya. “GoPay selalu berusaha menjawab kebutuhan pengguna. Saat ini, seluruh lapisan masyarakat Indonesia bisa menggunakan GoPay untuk kebutuhan sehari-hari; dari baru bangun, hingga kembali tidur. Kami mendengarkan pengguna kami yang tidak hanya ingin bertransaksi dengan mudah dan aman, tapi juga dapat mencatat dan mengontrol transaksi mereka,” kata Winny.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...